| 2180 0

Tips Merawat Bulu Kucing Anggora Untuk Pemula

Tips Merawat Bulu Kucing

Kucing hias atau ras tidak bisa dipungkiri menjadi hewan peliharaan yang termasuk banyak peminatnya di Indonesia. Salah satu jenisnya yang paling banyak digemari ialah anggora. Perawakan tubuh yang menggemaskan serta bulunya yang lebat dan tebal menjadi daya tarik yang tidak bisa ditolak untuk berkeinginan memelihara mereka.

Akan tetapi, layaknya kucing ras pada umumnya, kucing anggora pun juga memerlukan perhatian ekstra saat memeliharanya. Apalagi pada bulu – bulunya, karena bila tidak dispilin dan rajin merawatnya dapat membuat bulunya mengalami kerontokan serta menggimbal.

Tentunya, bagi yang ingin memelihara kucing anggora hal ini sangat tidak Anda inginkan bukan? Untuk itu, berikut diantaranya tips untuk merawat bulu mereka:

Rajin menyisir

Hal sederhana tapi penting sekali dilakukan ialah menyisir. Karena apabila Anda jarang menyisirnya, bulu yang sudah mati dan dibiarkan lama menempel pada tubuh kucing akan membuat pertumbuhan bulu baru yang lainnya terganggu dan mengakibatkan bulu rontok dan gimbal.

Kemudian, bulu mati yang menempel pada tubuh kucing anggora juga dapat membentuk hairball apabila Anda jarang menyisirnya. Hal ini sangat berbahaya, karena apabila kucing sampai menjilati bagian tersebut dan tidak sengaja tertelan akan berdampak berbahaya bagi kesehatan mereka.

Maka dari itu perlu dilakukan setidaknya minimal dua hari sekali menyisir bulu mereka. Selain, membuat bulu nya tampak rapi dan cantik, juga secara tidak disadari dapat membantu kelangsungan kesehatan mereka.

Memandikan kucing

Seperti yang kita ketahui, kucing merupakan salah satu hewan yang takut dengan air. Meskipun begitu, bukan berarti Anda tidak usah memandikannya, karena mereka dapat melakukan self grooming dengan air liurnya. Memandikan kucing tetaplah diperlukan, apalagi untuk ras anggora yang memiliki bulu tebal. Karena selain kebersihan badan yang terjaga, kegiatan ini juga berdampak positif untuk kesehatan bulu – bulu mereka agar terhindar dari kutu dan penyakit kulit lainnya.

Idealnya untuk memandikan kucing sebaiknya dilakukan dua minggu sekali dengan menggunakan shampoo khusus. Namun apabila sebelum dua minggu kucing Anda sudah kotor, cukup bersihkan dengan air hangat agar bulunya dan kulitnya tetap bersih serta tidak rusak karena diberi shampoo secara berlebihan. Setelah dimandikan, pastikan kulit dan bulu kucing Anda kering dengan baik agar tak tumbuh jamur pada permukaan kulitnya.