| 1271 0

Lima Tipe Kepribadian Kucing, yang Manakah Kepribadian Kucingmu?

Kepribadian Kucing

Sebuah studi yang unik dilakukan oleh para akademisi dari University of South Australia. Mereka melakukan sebuah penelitian yang bertujuan untuk memahami kepribadian yang dimiliki oleh kucing secara mendalam.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diberikan kepada 3.000 kucing (dan pemiliknya tentunya) dari berbagai jenis, yang berasal dari berbagai belahan dunia.

Lewat penelitian ini, kemudian para peneliti menemukan 5 tipe kepribadian yang umum ditemukan pada kucing, lengkap dengan karakter unik dan rekomendasi untuk merawat kucing dengan kepribadian dimilikinya.

Coba temukan yang manakah kepribadian kucing Anda?

The skittish cat

Kucing-kucing yang masuk dalam kategori kepribadian ini merupakan kucing-kucing yang penakut, pemalu, lembut, dan mudah menjadi gelisah.

Salah satu ciri paling khas yang dimiliki oleh kucing tipe ini adalah kebiasaannya untuk menghindar dari hal-hal baru atau yang tidak dikenalnya. Kucing berkepribadian seperti ini tidak akan mau dipanggil atau disentuh oleh orang yang tidak ia kenal, dan cenderung melarikan diri ketika orang tersebut mendekatinya.

Memelihara kucing seperti ini merupakan sebuah tantangan, karena Anda tidak boleh memaksakannya untuk cepat beradaptasi dengan orang atau lingkungan baru, karena hal ini hanya akan membuatnya merasa tertekan dan mengalami trauma.

Sebaliknya biarkan ia menghindari orang atau keadaan baru tersebut, karena ketika ia menghindar atau melarikan diri, ia secara perlahan juga mempelajari dan membangun kepercayaan dirinya terhadap orang atau keadaan baru tersebut.

Ketika ia sudah mempercayai Anda, ia akan menjadi sebuah peliharaan dan sahabat yang paling menyenangkan untuk dimanja-manja, karena ia akan membuat Anda merasa sebagai orang terbaik dan tepercaya, yang selalu dapat diandalkan.

The outgoing cat

Ini adalah kategori kucing yang memiliki kepribadian yang berani. Mereka akan terus mengeksplorasi, mencari tahu, dan mengisengi segala hal. Hal ini pun tidak jarang menempatkan mereka dalam berbagai masalah, namun masalah tersebut tidak akan cukup untuk menghentikan rasa ingin tahu besarnya.

Kucing berkepribadian ini membutuhkan banyak stimulasi mental agar mereka tidak merasa bosan, hal inilah yang kemudian menjelaskan perilaku aktif milik mereka. Kebosanan adalah situasi yang sangat berbahaya untuk kucing ini, karena ketika mereka merasa bosan, mereka akan mulai melakukan perilaku-perilaku yang merusak, seperti mencakar-cakar perabotan rumah, berlari-lari tanpa tujuan yang jelas, atau menggali-gali tanah.

Ketika Anda memiliki kucing seperti ini, maka Anda harus menyediakan banyak mainan dan aktif bermain dengannya, agar ia tidak merasa bosan dan mulai merusak barang-barang di rumah Anda. Bermain dengan laser atau pancingan adalah dua contoh permainan yang efektif untuk memuaskan mentalnya.

The dominant cat

Mereka adalah kucing yang selalu berusaha menunjukkan dominasi dan otoritasnya kepada kucing-kucing lain. Kucing berkepribadian ini akan mudah terpancing dalam pertengkaran antar kucing, ketika ada kucing yang dirasa menantang dominasi dan otoritasnya.

Ia akan bersikap protektif terhadap segala hal yang menurutnya ia miliki, mulai dari makanan, spot tidur siang, hingga Anda; dan tidak akan mau kucing lain untuk memilikinya. Jadi ketika Anda memiliki lebih dari satu kucing di rumah, ia akan mudah merasa cemburu jika Anda tidak memberikan perhatian yang cukup kepadanya.

Solusi dalam memelihara kucing ini adalah dengan memastikan bahwa kucing memiliki tempat makan, litter box, dan mainan sendiri-sendiri. Anda juga diharapkan untuk memisahkan secara jauh kucing-kucing Anda ketika waktu makan, karena kucing berkepribadian ini akan mudah bertengkar dengan kucing lainnya karena urusan makanan.

Anda juga sebaiknya sering bermain-main dengannya agar ia tidak memiliki energi berlebih terlalu banyak, karena keadaan tersebut dapat membuatnya mudah terlibat pertengkaran dengan kucing lain.