| 2586 0

Memahami Misteri Kebiasaan Tidur Kucing

Mungkin Anda sering merasa kesal kepada kucing lucu kesayangan Anda, karena ketika Anda sudah susah payah membeli atau menyiapkan tempat tidur untuknya, ia malah memilih untuk tidak tidur di tempat tersebut.

Kesal memang, tetapi Anda juga tak bisa marah karena tingkahnya ketika tidur benar-benar lucu.

Oleh karena itu, daripada stres melihat usaha Anda tidak dihargai olehnya, mari coba pahami mengapa kucing tidak mau tidur di tempat tersebut dan memilih tempat tertentu sebagai tempatnya tidur.

Kebutuhan akan suhu

Kucing adalah makhluk kecil yang membutuhkan kehangatan, oleh karena itu ia akan berusaha keras untuk menjaga suhu tubuhnya, termasuk untuk masalah tidur.

Jika tempat tidur yang Anda sediakan tidak cukup bisa menghangatkan dirinya, maka ia tidak akan mau tidur di tempat tersebut.

Kebutuhan akan menjaga suhu tubuh inilah yang juga menjelaskan, kenapa kucing suka tidur sambil berjemur di bawah matahari ketika siang hari.

Kebutuhan akan keamanan

Faktor keamanan juga merupakan faktor penting yang membuat kucing memilih tempatnya tidur. Terkadang peletakan tempat tidur kucing yang Anda sediakan dirasa tidak cukup nyaman olehnya sehingga ia memilih untuk tidur di tempat lain.

Bagi kucing, tempat tidur yang aman adalah tempat-tempat yang tertutup atau sulit terlihat. Hal inilah yang membuat kita sering menemukan kucing tidur di pojok-pojok rumah, di bawah meja atau kursi, ataupun tempat-tempat  yang sulit dijangkau, seperti dahan pohon.

Kebutuhan akan kasih sayang

Kucing adalah makhluk manja akan sangat senang ketika ia mendapat perhatian. Hal ini juga mempengaruhi ia memilih tempatnya tidur.

Sering kucing tidak mau tidur di tempat tidur yang Anda sediakan, karena ia merasa tidak bisa mendapat perhatian dan kasih sayang jika tidur di tempat tersebut.

Setelah mengetahui kebutuhan-kebutuhan khusus kucing selama tidur, mari kita coba pahami beberapa kebiasaan unik tidur yang dimiliki kucing.

Kucing tidur di kotak

Kotak adalah sebuah tempat tidur yang layak bagi kucing, karena ruang sempit dari kotak membantu kucing menjaga suhu tubuhnya, sehingga ia tetap hangat. Kotak juga menjadi pilihan yang disukai oleh kucing karena kotak membuatnya cukup sulit terlihat sehingga ia merasa aman tidur di dalamnya.