| 1204 0

Mari Memerdekakan Anjing Kampung

Meskipun jumlah pecinta hewan khusus nya anjing kian bertambah setiap tahun nya, namun bukan berarti nasib anjing kampung turut bertambah baik. Masih sedikit sekali yang tertarik memelihara mereka, dibandingkan anjing ras yang hingga sekarang masih menjadi primadona di mata orang – orang.

Keadaan ini tentu saja begitu memperihatinkan. Walaupun kita sering mengaku mencintai serta menyuarakan untuk peduli dan kesejahteraan anjing, tetapi nyatanya, masih ada saja sebagian dari kita yang pilih kasih ketika menyayangi anjing.

Hal serupa pun juga dirasakan oleh Addinda Sonang Danial, mantan pengidap kanker leukemia yang sembuh berkat terapi yang diberikan anjing kampung kesayangannya, bernama Caramel, yang turut peduli akan nasib anjing kampung.

Dinda mengaku perasaan tersebut timbul ketika dirinya pindah ke Bali, untuk mengikuti suami. Saat disana setiap pagi nya ia memiliki kebiasaan pergi ke pasar, darisana lah ia melihat banyak anjing – anjing kampung yang terlantar dan terkena penyakit.

“Saya menyadari mungkin saat itu kurang memperhatikan atau peka bahwa kehidupan anjing ternyata tidak seindah yang dibayangkannya. Selama ini, saya hanya melihat anjing – anjing ras yang notabene sangat dirawat oleh pemiliknya. Tetapi, anjing – anjing kampung ini yang keadaannya nya memperihatinkan,” ucap Dinda.

Ia menjelaskan ketika kita setiap hari bisa memberikan asupan yang baik untuk anjing – anjing ras yang dipelihara. Sedangkan anjing – anjing kampung yang ditemukannya ini tidak tentu apakah hari tersebut mereka bisa makan atau tidak.

“Bahkan untuk sampah yang dibuang saja, anjing – anjing kampung ini belum tentu bisa memakannya karena sudah diikat – ikat agar mereka tidak dapat menyentuhnya. Apakah segitu pelitnya manusia, sampai saja tidak boleh diminta, dari situlah saya merasa harus melakukan do something untuk mereka,” ujar nya.

Bahkan ada satu kejadian yang dilihatnya kalau anjing kampung dianggap seperti makhluk kelas tiga. Ia menceritakan ketika itu suatu daerah di Bali yang mayoritas beragama muslim, ada isu yang akan melakukan pembantaian terhadap anjing – anjing karena dianggap menganggu kehidupan mereka.