| 943 0

Anjing Anda Takut Dokter Hewan? Bisa Jadi Andalah Penyebabnya!

Terkadang, anjing membutuhkan sebuah pertolongan khusus, yang membuatnya harus mengunjungi dokter hewan. Lalu, sama seperti manusia, pengalaman mengunjungi dokter ini bisa jadi merupakan sebuah pengalaman yang menakutkan untuknya.

Namun,  pernahkah Anda berpikir bahwa rasa takut anjing kepada dokter hewan tadi disebabkan oleh Anda?

Tidak terbiasa dengan suasana klinik hewan

Salah satu penyebab utama anjing menjadi takut atau gelisah ketika mengunjungi dokter hewan adalah situasi yang baru yang dihadapinya.

Mulai dari dokter dan pekerja klinik lainnya yang baru ia temui, hingga berbagai bau khas rumah sakit yang bisa menyebabkan anjing menjadi tidak nyaman.

Sebenarnya rasa takut dan gelisah ketika menemui hal-hal baru ini disebabkan oleh ketidakbiasaan anjing untuk bersosialisasi atau berinteraksi dengan dunia luar.

Hal ini umumnya terjadi jika anjing Anda hanya bermain di dalam atau halaman rumah, yang membuatnya tidak terbiasa menemukan hal-hal baru.

Rutin mengajak anjing Anda berjalan merupakan sebuah solusi yang baik untuk hal ini. Karena ketika Anda dan anjing rutin berjalan-jalan, selain menyehatkan, maka ia akan sering menemukan hal-hal yang baru yang jarang ia temukan di rumah, mulai dari tempat-tempat baru, aroma-aroma baru, hingga orang-orang baru.

Ketika anjing terbiasa menemukan banyak hal baru, sebuah kunjungan ke dokter hewan tidak akan membuatnya menjadi takut dan gelisah.

Ia tidak terbiasa seluruh bagian tubuhnya disentuh

Terkadang, rasa takut dan gelisah anjing ketika mengunjungi klinik hewan disebabkan oleh pemeriksaan yang dilakukan kepadanya.

Pemeriksaan terhadap anjing sering kali berupa pemeriksaan fisik, yang mau tidak mau, mengharuskan dokter untuk menyentuh berbagai bagian tubuh si anjing, agar dokter dapat mengetahui secara baik keadaannya.

Jika anjing tidak terbiasa beberapa bagian tubuhnya disentuh, maka hal ini juga dapat membuat ia merasa takut, gelisah, bahkan menjadi agresif.

Solusi untuk keadaan ini tentunya membiasakan semua bagian tubuh anjing untuk disentuh. Salah satunya dengan terbiasa melakukan pemeriksaan tubuh anjing di rumah, mulai dari pengecekan keadaan giginya, hingga pemeriksaan tubuh menggunakan termometer yang dimasukkan ke bagian duburnya.

Ketika hal ini dilakukan oleh orang yang mereka percayai (yaitu Anda), mereka akan relatif lebih tidak gelisah terhadap perilaku ini. Jika hal-hal ini rutin dilakukan, maka anjing tidak akan gelisah dengan perlakuan ini ketika dilakukan oleh petugas klinik hewan.

Terbiasa memeriksa anjing secara mandiri, selain dapat membiasakan anjing, juga dapat membuat Anda lebih cepat mengetahui atau menyadari masalah-masalah yang dialaminya.