| 1947 0

Tolong, Kucing Saya Kenapa Tidur Terus Ya?

Banyak orang (mungkin termasuk Anda) yang heran, bahkan terkadang khawatir dengan kebiasaan kucing mereka yang terlalu sering tertidur.

Tenang! Kemungkinan besar kebiasaan kucing Anda yang hobi tidur tadi masih berada di batas yang normal.

Memahami kebiasaan tidur kucing

Memang, pada dasarnya kucing membutuhkan waktu tidur yang jauh lebih panjang daripada yang dibutuhkan manusia. Kucing dewasa membutuhkan kira-kira 16 jam waktu tidur, sedangkan anak kucing dan kucing tua membutuhkan kira-kira 18 jam waktu tidur. Waktu tidur panjang ini mereka butuhkan untuk menyimpan energi, agar tubuh mereka dapat berfungsi dengan baik.

Anak kucing membutuhkan waktu tidur yang lebih panjang, karena hormon-hormon untuk pertumbuhan tubuhnya akan lebih banyak diproduksi ketika ia sedang tidur.

Sedangkan kucing yang sudah berusia tua akan membutuhkan tidur yang lebih panjang, karena tubuhnya sudah semakin mudah merasa kelelahan.

Kucing bukan makhluk nocturnal

Karena kebiasaan kucing yang sering tertidur di siang hari, tak jarang muncul anggapan bahwa kucing adalah makhluk nocturnal (makhluk yang aktif di malam hari). Namun pada kenyataannya, kucing adalah makhluk crepuscular, yaitu makhluk yang aktif ketika matahari terbit atau terbenam, atau dengan kata lain keadaan di mana cahaya menjadi temaram (twilight).

Sebagai makhluk crepuscular, pada saat matahari terbit atau terbenam, kucing yang hidup liar sering kali berburu mangsa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Oleh karena itu mereka sering kali tidur di siang hari, agar pada saat matahari terbenam atau terbit, ia memiliki energi yang cukup untuk berburu secara baik.

Lalu bagaimana dengan kucing rumah, yang makanannya berasal dari kita si pemelihara kucing?

Ternyata walaupun sudah tidak lagi berburu, perilaku untuk tidur di siang hari ini sudah terpatri ke dalam insting kucing pada umumnya, sehingga mereka tetap tidur di siang hari meski tidak lagi berburu.