| 1690 0

Pentingnya Protein untuk si Kucing

Adalah sebuah pengetahuan umum, bahwa protein adalah salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan banyak makhluk hidup, seperti manusia dan kucing. Bahkan, pada kucing, protein merupakan sebuah nutrisi yang memiliki peran yang teramat penting, melebihi pentingnya protein untuk makhluk-makhluk lainnya.

Kucing membutuhkan kadar protein yang sangat tinggi

Meskipun secara fisik anjing memiliki tubuh yang lebih besar dari kucing, namun pada kenyataannya kucinglah yang membutuhkan kadar protein yang lebih besar daripada anjing.

Hal ini dipengaruhi oleh fisik yang dimiliki oleh kucing, di mana tubuhnya memiliki tingkat produksi enzim pemecah protein yang sangat tinggi, yang digunakan untuk berbagai kebutuhan si kucing. Jika tingkat produksi enzim tadi tidak diikuti dengan asupan protein yang tinggi, maka enzim tadi akan memecah protein yang ada pada tubuh kucing.

Tubuh kucing juga tidak memproduksi (atau jika pun memproduksi, hanya pada jumlah yang kecil) beberapa enzim yang berguna untuk memecah berbagai nutrisi yang masuk ke dalam tubuh, seperti yang dimiliki oleh omnivora (seperti anjing atau manusia). Oleh karena itu, jika makhluk lain juga membutuhkan nutrisi karbohidrat yang tinggi, agar tubuhnya dapat berfungsi dengan baik; kucing malah tidak terlalu membutuhkan karbohidrat karena ia tidak bisa memprosesnya secara baik.

Kondisi-kondisi inilah yang membuat kucing membutuhkan asupan nutrisi protein yang sangat tinggi. Bahkan, kucing tidak bisa mengalami kelebihan nutrisi protein, karena protein yang berlebih akan dikeluarkan lewat sistem pencernaan atau dijadikan lemak dan disimpan dalam tubuhnya.

Dipakai untuk apa saja protein pada kucing?

Kemudian yang menjadi pertanyaan adalah ke mana sajakah asupan protein tadi pada tubuh kucing?

Sama seperti makhluk lainnya, protein digunakan oleh kucing untuk membantu pertumbuhan tubuhnya, di mana protein tadi akan menjadi bahan utama untuk membentuk otot dan berbagai unsur-unsur tubuh lainnya.

Hal yang cukup unik pada kucing adalah kemampuan tubuhnya untuk memproses protein tadi menjadi sumber energi secara efisien. Hal ini membuat kucing tidak perlu bergantung pada asupan karbohidrat, agar ia tetap dapat beraktivitas dengan semangat.

Kandungan berbagai jenis asam amino  yang terdapat pada protein juga merupakan hal-hal yang sangat dibutuhkan oleh si kucing. Salah satu jenis asam amino penting yang didapat kucing lewat asupan protein yang ia terima adalah taurine, yang memiliki fungsi penting untuk menjaga kesehatan mata, jantung dan sistem pencernaan pada kucing.