| 441 0

Barsik, Kucing yang Dianggap Pantas Menjadi Walikota

Setahun yang lalu, sempat ramai mengenai penduduk kota Barnaul di Siberia yang mempertahankan sikap mereka untuk mengangkat seekor kucing berjenis Scottish Fold bernama Barsik untuk menjadi walikota baru mereka.

Dalam sebuah jajak pendapat tak resmi di halaman jejaring sosial media lokal yang populer di Rusia, Altai Online, kucing berusia 18 bulan tersebut memenangkan 91% suara dari 5.400 pemilih. Ia mempecundangi enam rival manusianya.

Selain itu, kampanye lain juga dilakukan dengan menambah jumlah billboard di pusat kota yang  menyuarakan, “Hanya ‘tikus’ yang tidak memilih Barsik!” beserta gambar kandidat kucing di sebelahnya.

Walaupun memenangkan jajak pendapat, Barsik tidak dapat terpilih sebagai walikota. Bukan hanya karena dia kucing, namun, karena peraturan mengharuskan walikota akan ditunjuk oleh gubernur daerah, Alexander Karlin dan Dewan Kota.

Ini terlalu buruk, karena 700.000 penduduk Barnaul tampaknya punya alasan kuat untuk tidak mempercayai pemimpin manusia. Mantan walikota Barnaul sebelumnya, Igor Savintsev, yang memimpin kota sejak tahun 2010, hingga akhirnya mengundurkan diri Agustus 2015 setelah muncul tuduhan bahwa dirinya menyalahgunakan wewenang.