VET
| 181 0

Kucing Saya Sedang di kawinkan, Saat Pup Mencret dan Pada Saat Muntah Bercampur Darah

Selamat pagi dok. Salam kenal saya Rian ,

Saya mau bertanya dok, mpus saya kan sedang di kawinkan , terus dia saat pup mencret, bahkan muntah bercampur sedikit darah, itu kenapa ya dok?

Kalau muntah sih, memang dia sering muntah dok, entah karena kekenyangan, bulu, atau hanya air liur saja, tapi selama ini baik-baik saja nafsu makannya dok?

mohon pencerahannya dok

thank you

 

Selamat pagi mas Rian.

 

Kucing Anda habis dikawinkan (kapan kawinnya dan sudah berapa hari?)

Saat ini mencret dan muntah ada sedikit darah? Yang perlu saya tahu bagaimana vaksinasi kucing Anda ini, apakah sudah lengkap vaksinasinya? Karena masalah sakit sangat erat kaitannya dengan program pencegahan penyakit, yang salah satunya adalah vaksinasi. Bila vaksinasi kucing Anda sudah lengkap dan belum terlambat pemberian ulangnya (setahun 1 kali), kemungkinan besar kucing Anda bukan menderita penyakit yang dapat dicegah dengan vaksinasi (cat distemper, rhinotracheitis, cat panleucopenia, herpes dan calici)

Gejala muntah dan mencret bisa juga berkaitan dengan peningkatan investasi cacing di dalam tubuh kucing Anda, apakah pemberian obat cacing pada kucing Anda ini rutin dilakukan setiap 2 – 3 bulan sekali? Bila ternyata Anda tidak pernah rutin memberikan obat cacing kemungkinan besar kucing Anda terkena infeksi cacing.

Sebaiknya, segeralah bawa kucing Anda ke dokter hewan agar kucing Anda dapat segera diketahui secara pasti penyakit yang diderita dan mendapatkan pengobatan yang tepat.

Untuk keadaan darurat dapat diberikan terapi cairan (usahakan pemberian minum larutan oralit setiap 5 – 10 menit, sebaiknya jangan memberikan susu pada kucing yang sedang muntah dan mencret.

Untuk memperbaiki kondisi pencernaannya dapat diberikan igastrum syrup (dapat dibeli di apotek) sehari 3 kali 3 ml,

Demikian yang dapat saya berikan semoga bermanfaat

 

Salam hormat

 

 

Drh. Djoko Walujo BR,MSc