| 781 0

Maine Coon, Si Kucing “Anjing,” Sosok Ayah Bertanggung Jawab

Setiap jenis kucing memang selalu memiliki keunikannya masing-masing, termasuk kucing jenis Maine Coon yang keunikannya akan kita perbincangkan kali ini.

Meskipun jarang di Indonesia, kucing ini layak kita perbincangkan karena beberapa keunikannya membuatnya sangat berbeda dengan kucing-kucing lain yang umum kita kenal.

Keramahan tiada tara

Kucing sering dikenal sebagai hewan penyendiri, yang terkadang tidak suka jika terlalu asyik bermain dengannya. Sifat ini berbeda jauh dengan sifat yang umumnya dimiliki oleh Maine Coon.

Secara singkat, sifat dari kucing Maine Coon ialah ramah. Mereka adalah jenis kucing yang tidak pemalu dan senang dekat dengan manusia atau hewan peliharaan lain. Mereka adalah kucing yang senang menyambut orang yang datang, mereka akan menghampiri dan mengeluarkan suara khasnya kepada Anda ataupun tamu Anda.

Ketika ia masih kecil, kucing ini akan sangat suka bermain, melakukan hal-hal konyol, mengeksplorasi dan menemukan hal-hal baru, serta bermanja-manja. Sifat kekanak-kanakannya ini juga bertahan cukup lama, karena baru ketika mereka menginjak usia 3 tahunlah sifat kekanak-kanakan tadi mulai berubah ke arah sifat kucing dewasa.

Ketika ia sudah cukup dewasa, ia akan menjadi lebih tenang, loyal, dan sabar, ia akan senang duduk dan berbaring dekat dengan orang dan menerima belaian dan pelukan dari orang tersebut, atau dengan kata lain berbagi cinta dengan orang tersebut.

Meskipun menjadi lebih tenang, bukan berarti kucing Maine Coon adalah kucing pemalas, karena ketika dewasa mereka akan senang mengeksplorasi daerah sekitar, berburu berbagai hewan kecil, dan melakukan aktivitas fisik lainnya, misalnya bermain air.

Kesabarannya juga membuatnya dapat menjadi sahabat anak-anak, karena ia cenderung tidak menjadi agresif terhadap sikap anak-anak, yang harus diakui terkadang sering membuat kucing tidak nyaman. Sebaliknya, mereka cenderung berusaha menemani dan melindungi anak-anak tadi

Karena sifat tenang, loyal, dan sabar yang dimilikinya, maka orang sering menyebut kucing Maine Coon sebagai “golden retriever-nya” kucing.

Suka bermain air

Berbeda dari kucing lain yang pada umumnya yang sangat anti air. Kucing jenis ini malah sangat suka bermain bersama air. Ia sering tidak sungkan bermain dan memercikkan air, bahkan membasahi tubuhnya dengan air.

Beberapa kucing Maine Coon bahkan lebih pintar lagi, karena mereka bisa membuka keran air dan meminum atau bermain dengan air keran tadi.