| 1081 0

Tips Grooming Anjing di Rumah Dari Professional

grooming anjing

Memiliki anjing yang setia, lucu, dan tingkah lakunya yang menggemaskan tentunya menjadi harapan banyak orang. Ditambah mempunyai perawakan yang bersih juga wangi pastinya akan menjadi sebuah kesenangan tersendiri. Namun untuk mempunyai anjing tersebut, Anda pun juga harus rajin merawat dan membersihkannnya atau lebih dikenal dengan istilah grooming.

Menurut Marryn Hutomo, Founder & Marketing dari The Barkbershop banyak owner dari segi kesiapan alat sudah lengkap. Tetapi, ketika saat mengerjakannya setengah – setengah. Hal tersebut pastinya berbahaya karena dapat menimbulkan penyakit pada kulitnya.

“Penting untuk selalu melakukan grooming pada anjing setidaknya dua atau tiga minggu sekali. Bila jarang melakukan grooming, khususnya untuk anjing – anjing yang berjenis berbulu tebal seperti shitzu, maltese, atau puddle akan cepat kusut,” ujar perempuan yang akrab disapa Marryn tersebut.

Grooming Anjing yang Dapat Dilakukan di Rumah

Dalam teknik grooming, Marynn menjelaskan hal yang paling dasar adalah dapat meng-handle anjingnya sendiri. Ia merasa bahwa banyak owner yang akhirnya datang ke tempat salon hewan juga karena kesulitan akan hal tersebut.

The barkbershop

“Kalau menginginkan grooming di rumah sebenarnya dapat dibiasakan dari kecil. Namun, apabila anjing masih tetap tidak bisa diam, coba bawa ke groomer paling tidak selama tiga – enam bulan, lama – kelamaan anjing akan terbiasa. Dari situ owner bisa melihat bahwa dalam  perawatan yang sederhana, mereka juga bisa dapat melakukannya sendiri di rumah,” ucap Marynn yang mengambil course professional groomer di Art of Pets, Singapore.