| 3455 0

Tips Mengatasi Kucing Spraying

Pastinya para catlovers pernah menghadapi bau yang dikeluarkan oleh kencing kucing dan bertanya dalam diri sendiri, mengapa bau kencing yang mereka keluarkan begitu menyengat?

Hal tersebut dikarenakan saat urine kucing mulai mengering, bakteri mulai bermunculan dan memecah partikel yang ada menjadi zat amonia yang menimbulkan bau tidak sedap. Selain itu faktor umur pun juga mempengaruhi, pada kucing yang berusia tua, ia sudah tidak lagi mempunyai fungsi ginjal yang baik, yang menyebabkan urinenya berbau menyengat.

Tetapi permasalahan pasti tidak hanya berhenti di situ. Sering kali kucing kesayangan tiba-tiba membuang air kecil sembarangan atau spraying di luar dari litter box yang disediakan, seperti di karpet, tempat tidur, lemari pakaian, atau furniture. Tentunya hal tersebut begitu merepotkan karena bau yang ditinggalkan sulit untuk dihilangkan, walaupun sudah dibersihkan berkali-kali.

Merasa insecure

Spraying merupakan cara kucing untuk menentukan wilayah kekuasaannya. Hal itu biasanya dikarenakan keberadaan kucing liar di halaman rumah dapat membuat kucing Anda merasa terancam dan mengakibatkan kucing kencing di sekitar pintu atau jendela. Dorongan perasaan itulah yang membuat kucing Anda kencing di luar litter box.

Faktor lainnya adalah pertengkaran dengan hewan lain dalam satu lingkungan, berpindah rumah, pergantian tata letak tempat, ketiadaan orang atau hewan yang biasa menemani kucing Anda secara mendadak, dan faktor-faktor lain yang menyebabkan stres dan menginduksi kucing untuk menandai wilayahnya dengan spraying pada baju, kasur, gorden atau bahkan manusia yang berada dalam jangkauannya.

Spraying juga bisa menjadi pesan seekor kucing untuk kucing lain bahwa ia sedang dalam kondisi stres.

Keadaan ini bisa diatasi, apabila Anda baru saja pindah rumah atau memiliki hewan baru maka jangan ubah perhatian dan kebiasaan Anda terhadap kucing Anda yang sebelumnya. Tetap Berikan jam makan yang sama, litter box, dan kandang di tempat yang sama sebisa mungkin. Orang asing atau hewan baru sebaiknya jangan langsung digabung, berikan kesempatan bagi kucing Anda untuk tinggal di kamar lain dan pelan-pelan mengenali baunya.