| 616 0

Kenal Lebih Jauh Fungsi Mainan untuk Anjing

Bermain bersama anjing memang baik dan menyenangkan, baik itu untuk Anda ataupun untuk anjing Anda. Namun kesibukan terkadang membuat Anda tidak bisa terus-terusan bermain dengan anjing kesayangan sepanjang waktu. Untungnya Anda tidak perlu khawatir anjing Anda akan merasa stres atau cemas ketika Anda tinggal, karena sebenarnya ia dapat menghibur dirinya sendiri dengan menggunakan mainan.

Selain untuk hiburan, ternyata mainan juga memiliki dampak positif lain untuk anjing

Baik untuk kesehatan gigi

Mainan sangat penting untuk pertumbuhan anak anjing. Ketika dalam masa pertumbuhan gigi, gusi mereka bisa sangat sakit. Mengunyah mainan adalah salah satu mudah untuk membantu anak anjing mengurangi rasa sakit dan menjaga gigi mereka tetap bersih.

Namun Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal. Mainan untuk anjing tentunya berbeda dengan mainan untuk anak-anak. Jangan sekali-kali memberi mereka mainan anak-anak tersebut. Karena umumnya mainan anak-anak terdiri potongan-potongan kecil, yang bisa saja tertelan oleh anjing, jika ia memainkannya dengan dikunyah-kunyah. Apalagi jika mainan tersebut terbuat dari kayu dan mempunyai sisi yang tajam, yang membuat benda tersebut dapat menembus dan menusuk organ dalam pencernaan, hingga akhirnya menyebabkan internal bleeding yang memicu shock pada anjing.

Ketika memilih mainan untuk anjing, usahakan untuk  memilih mainan yang awet dan kuat. Seperti tali temali atau boneka karet untuk digigit-gigit. Perhatikan pula jenis dan besar anjing Anda sebelum membeli mainan, dan sesuaikan besarnya mainan agar tidak tertelan olehnya.