| 2119 0

Tips Mengatasi Aroma “Khas” pada Anjing

Bagi Anda yang terbiasa tinggal bersama anjing, pasti mengenal dan tidak memiliki masalah dengan aroma khas yang terpancar dari tubuh mereka. Namun, bagi orang-orang yang tidak terbiasa, aroma tersebut bisa jadi mengganggu. Apalagi bila anjing dibiarkan bebas berkeliaran di rumah. Pasti aroma tubuhnya akan menempel pada furnitur, karpet, pakaian, bahkan mungkin seisi rumah.

Mengatasi aroma khas dari minyak bulu anjing

Mungkin Anda pernah bertanya dari mana datangnya aroma tersebut? Faktanya aroma khas pada anjing tersebut bisa jadi adalah sesuatu yang normal.

Aroma khas tersebut umumnya berasal dari minyak yang dihasilkan oleh kelenjar keringat yang ada di antara bulu-bulu telapak kakinya, di mana minyak tadi dibutuhkan untuk kesehatan kulit dan  rambutnya.

Kelenjar minyak ini sama seperti kelenjar keringat milik manusia, di mana beberapa individu (manusia atau anjing) memproduksi keringat atau minyak yang lebih banyak daripada individu lain, yang pada akhirnya menyebabkan beberapa anjing memiliki aroma yang lebih kuat daripada anjing lain.

Karena fungsinya yang vital untuk tubuh anjing, maka pada dasarnya aroma khas dari minyak tadi adalah sesuatu yang tidak dapat dihilangkan.

Solusi yang dapat dipilih untuk mengurangi kondisi ini adalah dengan rajin memandikannya. Memandikan anjing akan membuat aroma anjing menjadi berkurang, karena minyak yang menempel pada bulu-bulunya yang sudah menjadi bau akan menjadi bersih karena sampo anjing yang diberikan.

Solusi lainnya adalah dengan memberinya makanan basah. Makanan kering dapat memicu munculnya aroma khas ini karena makanan kering memiliki kadar asam amino yang sedikit yang menyebabkan kulit anjing menjadi kering.

Keadaan ini kemudian memicu kelenjar minyak untuk memproduksi minyak dengan jumlah yang lebih besar lagi, yang kemudian menyebabkan aroma tubuh anjing menjadi kuat.

Makanan basah di sisi lain memiliki kadar asam amino yang tinggi yang berpengaruh terhadap kelembaban kulit anjing, dan membuatnya tidak mengeluarkan minyak yang terlalu banyak.

Rutin membersihkan telinga anjing

Aroma khas dari anjing juga dapat berasal dari infeksi telinga, yang dapat disebabkan oleh bakteri atau tungau. Aroma khas yang keluar karena ini bisa saja menjadi busuk tergantung tingkat keparahan infeksinya. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah beberapa anjing sangat rentan terserang infeksi ini.

Solusi dari keadaan ini adalah dengan rutin membersihkan telinganya. Dengan rutin membersihkan telinga anjing, maka  Anda juga mengurangi kemungkinan bakteri atau tungau yang berperan menyebabkan bau tidak sedap tadi untuk berkembang biak.

Saat membersihkan telinga, gunakanlah kapas yang sebelumnya sudah dibasuhkan oleh cairan yang mengandung hydrogen peroxide untuk membersihkan kotoran atau wax dalam telinganya. Lakukan kegiatan ini minimum satu bulan sekali setelah anjing dimandikan.