| 9084 0

Stop Kebiasaan Memeluk Anjing

Seperti yang diketahui, anjing merupakan makhluk yang menggemaskan. Ditambah jika mereka mempunyai bulu yang tebal dan raut muka yang lucu seperti shitzu, maltese, atau golden retriever; yang membuat Anda tak tahan untuk tidak memeluknya.

Kalau Anda berpikir bahwa anjing menyukai perlakuan tersebut sebagai tanda Anda begitu menyayanginya, sebaiknya mulai saat ini hentikan kebiasaan tersebut. Karena dengan memeluknya justru membuat anjing merasa tidak nyaman.

Anjing merasa cemas

Dilansir dari telegraph.co.uk, Observasi yang dilakukan oleh Dr. Stanley Coren, seorang canine expert dan Profesor Psikologi dari University of British Columbia, terhadap foto-foto pemilik yang memeluk anjingnya, menemukan bahwa 82% anjing merasa gelisah ketika dipeluk. Hal tersebut membuktikan bahwa anjing tidak menyukai kontak fisik tersebut.

Mereka terlihat tertekan karena menunjukkan sinyal seperti telinga ditekuk, membuang muka, dan terlihat bagian putih pada bola matanya. Bahkan lebih parahnya anjing dapat sampai menggigit bila merasa tidak nyaman sama sekali.

Para pakar dari “The Kennel Club” dan “Battersea Dogs & Cats Home,” pun menyatakan hal yang sama. Sebaiknya para pemilik tidak memperlakukan anjing seperti anak, karena sebagian besar dari mereka tidak menyukai hal tersebut.

Menurut Claire Matthews, senior canine behaviorist dari “Battersea Dogs & Cats Home,” sebuah pelukan merupakan suatu bentuk interaksi sosial yang normal pada manusia, tetapi tidak berlaku pada anjing.