VET
| 358 0

Anjing Saya Luka dan Beranah, Apa yang Harus Saya Lakukan?

“selamat siang dokter Djoko.

saya punya anjing shitzu umur 2 tahunan, kelamin perempuan. Anjing saya ada luka di bagian sela-sela kakinya. Jadi berdarah dan ada kayak basah nanahnya. Tidak tahu kenapa bisa begitu, seperti tergores benda tajam.

Kira-kira cara pengobatannya bagaimana ya? Sampai saat ini, luka-luka itu terus dijilat-jilat sama anjingnya. Saya tidak tahu bagaimana cara mengobatinya.

Mohon pencerahannya.

terima kasih dok.”

 

Hanny Eka

 

 

Yth. Dog Lover.

Selamat siang

Anjing anda Shitzu betina umur 2 tahun dengan keluhan luka bernanah disela sela kaki (ini tidak begitu jelas kaki depan apa belakang).

Kulit anjing pada daerah sela-sela kaki (ketiak untuk kaki depan dan selangkangan untuk kaki belakang), bila terluka gores dan kondisinya kotor (serta tidak segera diketahui) memang akan sangat mudah untuk mengalami infeksi (berair dan kadang bernanah).

Sebaiknya segera dilakukan pencucian dengan Alkohol 70 % atau larutan peroksida 3% (H2O2). Aksi berikutnya tergantung dari keadaan luka.

Bila lukanya dalam maka segera dibawa ke dokter hewan untuk dilakukan tindakan bedah minor, berupa pembersihan luka dan penjahitan luka, serta pemberian injeksi antibiotik yang dilanjutkan pemberian antibiotik tablet sesuai indikasi.

Bila lukanya tidak dalam setelah dibersihkan dengan alkohol 70% atau peroksida 3% luka, olesi luka tadi dengan salep antibiotik setiap hari (Tidak perlu resep dokter untuk mendapatkan salep antibiotik).

Melihat luka anjing Anda sudah mengalami infeksi/bernanah, lebih baik segera dibawa ke dokter hewan terdekat untuk mencegah hal yang lebih parah/

 

Demikian yang bisa saya sampaikan semoga berkenan.

 

Drh. Djoko Walujo BR,MSc