| 1590 0

Tips Merawat Anjing pada Masa Kehamilan

tips merawat anjing

Sama seperti manusia, anjing yang sedang hamil memerlukan sebuah perawatan khusus agar kesehatan ia dan janinnya tetap terjaga. Masa kehamilan yang berlangsung selama 54-72 hari ini adalah masa-masa yang penting bagi anjing dan anak-anaknya. Oleh karena itu, adalah tugas kita sebagai pemilik dan sahabatnya untuk memastikan bahwa anjing kita mendapatkan perhatian terbaik di masa-masa yang penting ini.

Berikut ini panduan sederhana dalam merawat anjing Anda di masa kehamilan.

Pada masa-masa awal kehamilan, yang terjadi di bulan pertama, anjing akan mengalami penurunan nafsu makan. Ini adalah hal yang normal yang tidak perlu Anda takuti, karena hal ini sifatnya hanya sementara dan nafsu makan tadi akan kembali dan menjadi lebih besar daripada sebelumnya.

Oleh karena itu, pada bulan pertama kehamilan, Anda sebaiknya memberikan anjing Anda makanan dengan porsi yang biasa Anda berikan sebelumnya dengan gizi yang seimbang. Hal yang perlu diperhatikan pada tahap awal kehamilan ini adalah jangan memberikan anjing Anda vitamin suplemen. Karena anjing hamil yang kelebihan vitamin akan mengalami masalah pada pemrosesan zat kalsium yang akan membuatnya mengalami masalah kelemahan pada otot.

Latihan fisik untuk anjing Anda tetap boleh dilakukan, selama latihan tadi tidak terlalu berat untuk ia dan janinnya. Jika anjing memiliki riwayat keguguran, maka sebaiknya hentikan latihan fisik yang ia lakukan.

Memasuki bulan kedua, umumnya nafsu makan anjing yang hamil tadi akan menjadi meningkat. Oleh karena itu, Anda harus menyesuaikannya dengan turut meningkatkan porsi makanannya. Lakukan peningkatan ini secara perlahan, tetap jaga keseimbangan gizi makanan yang Anda berikan, dan jangan sampai terlalu banyak karena dapat menyebabkan kegemukan yang akan mempersulit proses persalinan nantinya.