| 990 0

Anjing Kampung Tidak Kalah Keren

Mungkin untuk sebagian orang, anjing ras masih jauh lebih mempesona dibanding anjing kampung. Namun, untuk yang mengaku dog lovers pastinya tahu bahwa anjing kampung atau yang dikenal dengan istilah mutt atau mongrel tidak kalah unggul dibanding anjing ras. Berikut faktanya.

Memiliki daya tahan tubuh yang baik

Banyak yang berpendapat bahwa anjing kampung cenderung memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik karena terbiasa hidup di alam liar. Hal ini bisa saja benar. Namun yang paling nyata mempengaruhi daya tahan tubuh anjing adalah bentuk fisik dari anjing itu sendiri. Jarang ada anjing kampung yang berbentuk panjang seperti Dachshund, berbentuk barel seperti Bulldog, atau sangat pesek seperti Pug. Bentuk fisik yang tidak ‘umum’ dapat meningkatkan risiko anjing terkena problem kesehatan.

Selain itu menurut buku “Dog Quest: Find The Dog of Your Dream,” alam cenderung membentuk ukuran tubuh anjing berkisar antara 30-60 pon (15-30 kg); yang pada kisaran angka inilah tubuh anjing kampung terbentuk. Anjing-anjing yang berukuran di bawah maupun di atas ukuran itu ternyata memiliki risiko terhadap kesehatannya.

Karakter yang tidak ekstrem

Pada awalnya, anjing ras dibiakkan untuk memenuhi kebutuhan manusia, misalnya berburu, menjaga ternak, dan lain-lain. Hal ini sering kali membuat mereka menjadi memiliki sebuah karakteristik yang ekstrem untuk seekor anjing, sangat energik, sangat independen, sangat sering menggonggong, atau sangat cepat dalam berlari. Hal ini berbeda dengan anjing kampung yang mengembangkan kemampuannya secara seimbang, sesuai dengan kebutuhan alaminya.