| 1887 0

Bung Hatta: Senantiasa Melatih Disiplin Kucing-Kucing Kesayangannya

Kita semua tahu Bung Hatta adalah seorang sosok proklamator. Tapi tahukah Anda bahwa Bung Hatta juga seorang penyayang binatang? Tidak hanya selama di Jakarta, bahkan di tempat pengasingannya di Boven Digul maupun Banda Neira, Bung Hatta memiliki peliharaan kucing.

Uniknya saat di pengasingannya itu Bung Hatta menamai kucing-kucingnya dengan nama diktator yang ia benci seperti Hitler dan Mussolini.

Saat di Jakarta Bung Hatta pun memelihara beberapa kucing. Yang paling ‘setia’ dan menjadi kesayangan beliau adalah kucing bernama Jonkheer, nama tersebut diambil dari gelar kebangsawanan pada masyarakat Belanda. Sebagai kucing kesayangan, Jonkheer seakan memiliki kontak batin yang kuat dengan Bung Hatta. Jonkheer selalu menanti di depan rumah saat Bung Hatta pergi dan saat beliau tiba di rumah, Jonkheer akan serta merta mengikuti. Hal itu seolah menjadi komando untuk kucing-kucing lainnya melakukan hal yang sama.

Kontak batin antara Bung Hatta dengan Jonkheer terlihat juga pada saat Bung Hatta sakit. Jonkheer mendadak menjadi tidak suka makan, dan mengeong-ngeong di depan kamar Bung Hatta seperti menangisi sakit tuannya.

Sebagai penyayang binatang, Bung Hatta juga memberikan perhatian istimewa kepada kucing-kucingnya. Setiap beliau selesai makan siang dan malam, maka kucing-kucing itu mendapatkan jatah makananya. Bung Hatta memberikan makanan kepada kucing-kucing tersebut berupa daging yang dipotong kecil-kecil. Bung Hatta selalu mengingatkan untuk memotong dagingnya kecil-kecil agar dapat masuk ke mulut kucing-kucing tersebut.