| 3007 0

5 Jenis Makanan yang Berbahaya untuk Anjing

Banyak yang menganggap begitu istimewanya hewan peliharaan, hingga mereka dianggap sebagai anggota keluarga, meskipun berbeda spesies, contohnya anjing. Terkadang karena merasa sangat sayang, mereka tak jarang turut memberi anjing mereka, makanan yang mereka makan.

Padahal kenyataannya hal ini bisa berbahaya. Anjing memiliki sistem pencernaan yang berbeda dengan manusia, yang membuat beberapa makanan malah dapat menyebabkan masalah kepada si kaki empat.

Dikutip dari healthyandnaturalworld.com, beberapa makanan bisa menyebabkan iritasi ringan, nyeri perut dan mual, dan bahkan berakibat kematian, apabila anjing mengonsumsi makanan tersebut secara terus–menerus.

Tentunya, peristiwa-peristiwa tersebut tidak diharapkan untuk menimpa hewan berbulu kesayangan kita. Oleh karena itu, sebaiknya Anda perlu mengetahui jenis makanan yang termasuk dalam pantangan untuk Anjing, agar ia terjauh dari masalah yang tidak diinginkan.

Berikut beberapa makanan yang harus dihindari untuk dikonsumsi oleh anjing:

Cokelat

Tentu kita sulit menolak untuk menikmati makanan favorit banyak orang ini. Rasa dominan manis dan sedikit pahitnya membuat kita selalu ketagihan untuk memakannya lagi dan lagi. Namun, jangan sekali–kali mencoba untuk memberikannya pada hewan berbulu kesayangan Anda.

Cokelat mengandung zat berbahaya apabila dikonsumsi oleh anjing, yaitu thobromine yang masuk dalam kategori methylxanthines. Ketika anjing mengonsumsi cokelat maka efek yang ditimbulkan berupa diare, agitasi, tremor otot, kejang, bahkan hingga kematian.

Alpukat

Bagi kita, alpukat adalah salah satu buah yang begitu digemari. Dikonsumsi langsung atau dijadikan juice, rasa yang ditawarkan buah ini selalu berhasil membuatnya habis disantap oleh orang-orang. Selain itu alpukat juga kaya akan kandungan vitamin.

Namun, tidak peduli seberapa bagus manfaat yang terdapat pada alpukat untuk manusia, buah satu ini adalah buah terlarang bagi anjing. Buah, daun, biji, serta kulit alpukat mengandung racun bernama persin yang aman untuk manusia, namun berbahaya untuk hewan peliharaan. Alpukat dapat menyebabkan anjing menderita sakit perut, kesulitan bernafas, dan penumpukan cairan di dada.