| 1107 0

Tips Sederhana Membersihkan Telinga Anjing

Perawatan anjing tidak hanya seputar asupan gizi dan cara melatihnya, masih banyak lain yang penting untuk diperhatikan. Salah satunya adalah menjaga kebersihan telinga anjing. Hal ini menjadi sangat penting untuk dijaga mengingat bentuk bagian dalam telinga anjing yang berkelok-kelok, sehingga sangat mudah bagi parasit, bakteri, dan jamur untuk berkembang biak di dalamnya; yang jika tidak dibersihkan secara teratur maka dapat menyebabkan infeksi.

Biasakan untuk membersihkan telinga anjing sebanyak 1 – 2 kali dalam satu minggu. Namun, bila hanya terdapat sedikit minyak pada area tersebut, sebaiknya didiamkan saja. Karena minyak pada telinga anjing atau sering disebut ear wax tetap diperlukan sebagai pelindung untuk menahan bakteri atau virus yang masuk ke dalam rongga kepala melalui lubang telinga.

Berikut adalah langkah-langkah mudah membersihkan telinga anjing yang dapat dilakukan di rumah.

Langkah pertama: berikan cairan pembersih

Di pet shop biasanya tersedia beberapa merek cairan pembersih telinga anjing. Sebaiknya sebelum memilih merek cairan pembersih ini, diskusikan terlebih dahulu dengan dokter hewan, cairan pembersih yang sekiranya cocok dan waktu penggunaan yang tepat. Penggunaan cairan pembersih yang tidak tepat dapat merusak telinga anjing.

Waspadalah saat memasukkan ujung botol cairan pembersih ke dalam lubang telinga anjing Anda. Jangan sampai terlalu dalam dan terlalu kuat saat menekan ujung botol cairan pembersih karena dapat menyebabkan pecahnya gendang telinga anjing. Anjing biasanya akan menggoyangkan atau menggelengkan kepalanya untuk mengeluarkan cairan pembersih telinga tersebut. Biarkan saja dan Anda tidak perlu kembali meneteskan cairan pembersih telinga lagi.

Apabila pada lubang telinga terdapat banyak bulu, maka sebaiknya bulu tersebut dicabut terlebih dahulu dengan menggunakan pinset atau hemostat, karena banyaknya bulu pada area tersebut dapat mengurangi sirkulasi udara ke dalam telinga.

Langkah kedua: pijat bagian kanal telinga

Hal ini dilakukan bertujuan melepaskan kotoran dalam telinga. Gunakan ibu jari untuk memijat perlahan dan lembut pada area tulang rawan di dasar telinga. Lakukan selama 60 detik. Kemudian biarkan anjing menggoyangkan atau menggelengkan kepalanya untuk membersihkan saluran telinganya dari sisa cairan pembersih.

Langkah ketiga: bersihkan telinga dari kotoran

Bersihkan semua bagian sela-sela telinga dengan menggunakan bola kapas. Jangan menggunakan cotton bud karena berisiko mengenai gendang telinga dan bisa memasukkan kotoran telinga lebih dalam ke saluran telinga. Hindari untuk membersihkan bagian dalam telinga anjing kecuali dilakukan oleh dokter hewan.

Ketika membersihkan telinga anjin,g lakukan dengan penuh kasih sayang, sesekali ajaklah ia berbicara dengan nada suara yang lembut agar ia tetap bersikap tenang dan nyaman saat Anda melakukan kegiatan tersebut.

Jika pada telinga anjing ditemukan bulu rontok, bau, berkerak, dan mengeluarkan kotoran berwarna hitam atau kuning, sebaiknya segera dibawa ke dokter hewan untuk dilakukan pemeriksaan yang lebih intensif.