| 1231 0

Tips Untuk Memandikan Kucing di Rumah Sendiri

Setiap pencinta kucing pasti tidak akan senang ketika kucing kesayangannya memiliki bulu yang kotor dan tidak sehat. Karena ketika bulu kucing tadi kotor dan tidak sehat, maka kucing tadi akan tampak tidak cantik dan tidak enak untuk dibelai.

Memang kucing dapat membersihkan dirinya sendiri dengan cara menjilati tubuhnya. Tetapi, hal tersebut tidak saja cukup membuatnya terhindar dari bahaya jamur, kutu, ataupun bakteri yang dapat menempel.

Untuk dapat memiliki kucing yang berbulu bersih dan sehat tentunya Anda juga harus rajin memandikannya. Solusi untuk hal ini ada dua; yang pertama adalah sering membawa kucing Anda ke petshop untuk dimandikan, sedangkan solusi lainnya adalah memandikannya sendiri di rumah Anda.

Membawa kucing Anda ke petshop memang dapat menjadi solusi yang praktis, namun tahukah Anda, bahwa sebenarnya Anda pun bisa memandikan kucing Anda di rumah sendiri dengan hasil yang tak kalah dari salon hewan. Bahkan, kegiatan memandikan ini bisa jadi metode untuk mempererat hubungan Anda dan kucing  Anda.

Berikut ini tips untuk memandikan kucing bagi Anda yang tertarik untuk melakukannya sendiri.

Siapkan peralatan

Selain air, sabun, dan handuk; terdapat hal-hal lain yang harus disiapkan sebelum memandikan kucing, antara lain cotton bud, wadah plastik, sikat gigi, baby oil, bedak gatal/bayi, sisir, dan blower.

Tahap – tahap memandikan

  1. Mulailah tanpa menggunakan air lebih dahulu. Bersihkan kotoran yang menempel pada badan, sela-sela kaki, serta telinga. Ketika membersihkan telinga, pastikan untuk menggunakan cottonbud dan baby oil. Lakukan secara perlahan dan jangan terlalu dalam, supaya tidak melukai dan menyebabkan infeksi pada gendang telinga kucing.
  2. Bila pembersihan tanpa air sudah tuntas, siapkan air bersuhu hangat, usahakan suhunya mirip dengan suhu kamar mandi. Sebelum mulai di mandikan, tutup telinga kucing agar tidak kemasukan air.
  3. Basahi sedikit demi sedikit sampai seluruh badannya basah merata. Mulailah beri sampo yang sudah dituang pada tangan Anda sebelumnya, kemudian usap secara perlahan. Gunakan sikat gigi untuk meratakan sampo di badan kucing.
  4. Jangan lupa untuk membersihkan bagian luka pada kucing! Karena bekas luka pada kucing ini sering diserang kutu dan jamur, terutama yang berada di dekat telinga dan sela-sela telapak kaki. Gosok secara perlahan sampai Anda benar-benar memastikan semuanya sudah bersih.
  5. Setelah itu bilas dengan sempurna, jangan sampai ada sampo yang tersisa karena akan beracun apabila terjilat oleh kucing.

Proses pengeringan

  1. Ambil handuk kering dan tekan dengan lembut pada badan kucing. Lalu selimuti kucing dengan dengan handuk dan gosok secara perlahan dan lembut seolah-olah anda sedang memijatnya. Lakukan hal ini sampai badan kucing sudah benar-benar terbebas dari air.
  2. Kucing yang berambut pendek dapat diselesaikan dengan mendudukkan atau menidurkannya pada handuk yang kering. Namun pada kucing yang berambut panjang, Anda harus menyisirnya sampai bulu-bulunya benar-benar kering. Jika kucing tidak takut dengan blower, Anda dapat menggunakannya (setelah suhunya diatur agar tidak terlalu panas).

Memang, kegiatan ini tidak dapat dianggap mudah. Beberapa kendala pasti akan Anda temukan ketika memandikannya seperti takut air, memberontak, bahkan sampai mencakar kita; namun, di sisi lain kegiatan ini akan lebih hemat dan berpotensi meningkatkan kualitas hubungan Anda dan kucing.

Perlu diperhatikan untuk tidak memandikan kucing ketika dalam keadaan drop atau sakit. Karena hal ini dapat memperparah keadaannya. Selain itu, lihat cuaca di luar rumah, bila sedang dalam keadaan mendung atau hujan, memandikan kucing malah dapat membuatnya terserang penyakit yang disebabkan oleh bulu yang lembab.