| 567 0

#CatNotAds, Aksi Damai Kucing Mengambil Alih Kota London

Suatu hari di bulan September 2016 lalu, masyarakat London dibuat terkejut, bahkan masyarakat seluruh dunia pun terdiam melihat peristiwa ini. Ini terjadi karena di sebuah stasiun kereta bawah tanah di London, yaitu Clapham Common, sebuah revolusi terjadi. Yaitu, di mana biasanya stasiun tersebut penuh sesak dengan berbagai iklan, kini iklan-iklan tersebut diambil alih dengan poster-poster kucing nan lucu yang menarik perhatian dunia.

#CatNotAds, Aksi Damai Kucing Mengambil Alih Kota London

Adalah Glimpse dengan proyek C.A.T.S (Citizens Advertising Takeover Service) atau #CatNotAds-nya yang menjadi biang keladi di balik aksi unik ini. Glimpse sendiri adalah sebuah komunitas sukarelawan yang percaya bahwa kreativitas adalah sesuatu yang harus dilakukan demi kebaikan.

Proyek #CatNotAds ini bukanlah sebuah kegiatan promosi, iklan, atau kampanye politik dari satu pihak. Sebaliknya proyek ini adalah sebuah aksi damai yang menjadi “sentilan” bagi pihak-pihak yang terbiasa mengisi ruang publik dengan berbagai iklan mereka, untuk menyadari seberapa besar kekuatan yang mereka miliki, serta mengajak mereka untuk menggunakan kekuatan tadi untuk hal-hal yang memberi dampak yang positif kepada masyarakat.

Lebih dari sekedar “sentilan,” aksi damai yang didanai secara crowdfunding, ini juga ingin menyatakan berbagai pesan positif kepada masyarakat. Proyek ini ingin mengajak orang-orang untuk bahagia atas hidup mereka, dengan cara mengingat berbagai hal baik dan berharga yang terjadi dalam hidup mereka, dan bukannya hal-hal yang tidak mereka miliki yang sering muncul dalam iklan; kucing dalam poster adalah simbol dari hal-hal baik dan berharga yang terjadi dalam hidup mereka.

Penggunaan crowdfunding lewat platform Kickstarter juga membawa pesan kepada orang-orang bahwa mereka memiliki kekuatan untuk mengubah dunia menjadi lebih baik.

Lebih dari itu, kucing-kucing yang menjadi model dalam poster-poster yang terpasang adalah kucing-kucing dari tempat penampungan hewan, yang siap diadopsi oleh siapa saja yang siap untuk memberikan hidup yang lebih baik kepada kucing-kucing tersebut.

Dampaknya?

Aksi yang berjalan selama 2 minggu ini kemudian terbukti menyebabkan para pengguna jasa kereta bawah tanah, menjadi terkejut, keheranan, dan kemudian menjadi terhibur. Banyak dari mereka yang tak mau melewatkan kesempatan untuk turut berfoto dengan pemandangan baru tersebut.

Perhatian masyarakat terhadap kucing-kucing yang dapat diadopsi tersebut juga meningkat dengan signifikan. Belum lagi dengan menjadi viralnya aksi ini yang membuat banyak orang untuk mencari tahu lebih lengkap mengenai aksi ini, yang membuat mereka mengetahui pesan kuat dari aksi ini.

We do can make the world a better place…