VET
| 474 0

Anjing Saya kok Kembung, Kenapa Ya?

“Selamat pagi dok,

belakangan ini saya sering merasa kalau anjing saya mengalami kembung.
apa kembung ini seperti yang terjadi pada manusia? ada angin masuk ke perut yang sebenarnya tidak berbahaya?
atau sebaliknya saya malah harus memperhatikan lebih kepada kondisi anjing saya ini?

kalau boleh tahu, mengapa anjing saya kembung ya dok?

Mirna Selia, Jakarta

 

 

Dog Lover Yth.

 

Kenapa Anjing kembung?

 

Anjing dapat kembung disebabkan oleh gangguan pada sistem pencernaannya, sehingga makanan tidak tecerna dengan sempurna dan mengalami fermentasi, sehingga timbul gas yang mengisi saluran pencernaannya, yaitu usus dan lambungnya.

 

Terjadinya gangguan pencernaan pada anjing dapat disebabkan beberapa kondisi antara lain:

  1. Luka pada lambung, seringnya akibat termakan tulang ayam, perlu diketahui bahwa tulang ayam bila dimakan oleh anjing akan tidak dapat hancur sempurna namun menjadi potongan potongan kecil yang sangat tajam yang dapat membuat iritasi dan luka pada lambung anjing.
  2. Terpuntirnya lambung, (ini biasa terjadi pada anjing tipe besar yang agresif) sehingga terjadi sumbatan saluran pencernaan dan bendungan pembuluh darah lambung.
  3. Sumbatan saluran pencernaan oleh hairball ( bola rambut), yaitu rambut anjing yang tertelan saat anjing menjilati tubuhnya dan tertelan. Bila anjing habis menelan rambut biasanya mempunyai insting untuk memuntahkan dengan cara makan rumput atau dedaunan sehingga akan muntah dan biasanya muntahannya hanya cairan kuning beserta sedikit makanan, rumput, serta rambutnya. Namun bila rambut tersebut tidak bisa dikeluarkan, maka akan terkumpul dan menyatu dengan sisa makanan dan akan mengeras seperti bola yang akan menimbulkan sumbatan saluran pencernaan.
  4. Infeksi saluran pencernaan, bila saluran pencernaan mengalami peradangan, hal ini biasanya akan menimbulkan 2 efek, bisa berupa diare/mencret atau bisa juga berupa turunnya peristaltik saluran pencernaan yang berakibat berhentinya gerakan usus/saluran pencernaan.
  5. Infeksi kandungan (pada anjing betina) yang hebat bisa berimbas pada gangguan pencernaan, berupa konstipasi atau kembung.
  6. Gangguan kencing akibat batu saluran kencing, ini juga sering menjadi penyebab anjing mengalami muntah dan kembung.
  7. Anjing termakan makanan yang menyebabkan fermentasi yang berlebih.

 

Pencegahannya:

  1. Perhatikan betul makanannya, jangan biasakan melepas bebas anjing keluar dari pekarangan kita
  2. Jangan membiasakan memberikan sisa makanan kita, (seperti tulang ayam) kepada anjing kita, karena tidak semua makanan yang kita makan dapat tecerna dengan baik oleh anjing kita.
  3. Letakkan anjing kita (terutama bila anjing kita tipe besar dan agresif) di kandang yang tenang, jangan dekat jalan, untuk mencegah anjing jadi agresif melompat lompat sehingga dapat menyebabkan terpuntirnya usus atau lambungnya.
  4. Segera bawa ke dokter hewan bila anjing menunjukkan gejala lesu, gangguan BAB ataupun BAK.

 

Demikian yang bisa saya sampaikan atas perhatiannya terima kasih

 

“Kesehatan hewan kita merupakan cerminan kesehatan kita dan lingkungan kita”