| 602 0

Memakaikan Baju Kepada Anjing, Pentingkah Ini Dilakukan?

memakaikan baju kepada anjing

Mungkin Anda pernah melihat anjing yang dipakaikan baju dan sepatu (bahkan kacamata) yang terkadang membuat mereka lucu. Beberapa menganggap bahwa hal ini juga memberikan efek positif, yaitu membantu mereka menjaga suhu tubuhnya.

Pertanyaan utamanya adalah, pentingkah pakaian untuk anjing?

Bulu adalah pakaian alaminya

Secara umum, anjing dalam keadaan normal tidak membutuhkan pakaian tambahan, karena mereka terlahir dengan “pakaian” alami bernama bulu. Bahkan untuk anak anjing yang masih kecil dan rentan, bulu alaminya cukup untuk menjaga tubuhnya hangat, selama ia tetap hidup bersama induknya, di mana induknya akan membantu si anak anjing menjaga suhu tubuhnya.

Dalam keadaan tertentu, pakaian menolong anjing

Pendapat bahwa pakaian dapat membantu anjing menjaga suhu tubuhnya sebenarnya benar. Terutama jika anjing hidup dalam situasi dan kondisi yang tidak normal, misalnya mengalami kelainan yang membuat bulunya tumbuh tipis, tinggal di tempat dengan suhu ekstrem, atau anak anjing yang hidup tanpa induknya.

Beberapa anjing juga memiliki “habitat alaminya”, di mana fisiknya memang terbentuk oleh alam untuk hidup di lingkungan tersebut, misalnya Siberian Husky dapat hidup nyaman di suhu yang sangat dingin, sedangkan Chihuahua lebih nyaman hidup di daerah yang lebih hangat. Ketika anjing Chihuahua tadi hidup di daerah Siberia, maka menggunakan pakaian dapat menolongnya menjaga suhu tubuhnya.

Jas hujan untuk anjing

Mengingat sekarang adalah musim hujan, tentu ada juga yang bertanya apakah jas hujan layak untuk anjing.

Jawabannya iya!

Jas hujan serta aksesori-aksesori pelindung hujan lainnya aman digunakan oleh anjing dan dapat menolong mereka terhindar dari bulu yang basah.

Sepatu untuk anjing

Sepatu untuk anjing juga dapat memberikan suatu efek baik kepada anjing Anda, yaitu melindungi telapak kakinya dari ancaman luka, infeksi, dan berbagai jamur, bakteri, ataupun virus yang dapat memberi masalah kepada anjing Anda.

Satu hal yang pasti, ketika memakaikan sepatu untuk anjing Anda usahakanlah agar tidak menyakiti atau membatasi kemampuannya untuk bergerak.

Pakaian untuk tujuan fashion

Ini adalah salah satu penggunaan pakaian untuk anjing yang tidak tepat. Karena selain tidak ada gunanya bagi anjing, hal ini juga sering menyiksa mereka, dengan cara memberikan ketidaknyamanan dan membatasi ruang gerak mereka, bahkan terkadang menyebabkan sakit kepada mereka.

Sebisa mungkin hindarilah memberikan pakaian kepada anjing jika memang tidak ada gunanya bagi anjing.