VET
| 5209 0

Memahami, Mengatasi, dan Mencegah Keracunan Pada Anjing

“Dok, jadi kemarin saya dapat kabar dari teman saya kalau anjingnya mati. Kata teman saya, kemungkinan penyebab kematian anjingnya tadi karena diracun orang. Sebagai pemilik anjing, jujur saya jadi waswas, takut kalau anjing saya juga diracun nanti.

Oleh karena itu, saya mau tanya dok, bagaimana gejala-gejala anjing yang diracun dan bagaimana pertolongan pertama yang dapat saya berikan kepada anjing saya?

terima kasih”

Dendi, Jakarta

 

Gejala-gejala yang terjadi kepada anjing ketika anjing memakan makanan yang beracun sangat beragam, tergantung dari jenis racunnya. Umumnya ada tiga jenis racun yang sering menyebabkan keracunan pada anjing.

Keracunan potas

Potas (garam potasium sianida) adalah zat yang biasa digunakan pada industri pertambangan emas, pertanian, atau digunakan dalam electrocoating. Potas ini juga sering disalahgunakan untuk menangkap ikan dengan cara diracun.

Potas ini pula yang cukup sering dipakai oleh orang untuk meracuni anjing. Biasanya racun ini dimasukkan di dalam bakso daging yang kemudian diberikan kepada anjing yang hendak diracun.

Gejala yang umum terjadi pada anjing yang keracunan Potas antara lain, anjing menjadi gelisah, kejang, dan sesak napas yang hebat; yang kemudian menyebabkan koma dan kematian. Kecepatan dari reaksi racun ini bergantung jumlah racun yang diberikan.

Anjing yang terkena racun ini biasanya akan sulit tertolong, karena kecepatan dari reaksi yang dimiliki oleh racun ini.

Keracunan racun tikus

Keracunan ini bisa terjadi jika anjing memakan tikus yang sudah terkena racun tikus sebelumnya. Racun tikus yang saat ini beredar di pasaran bekerja dengan cara merusak mekanisme pembekuan darah tikus (yaitu racun yang mengandung zat cumarin atau warfarin) yang kemudian membuat tikus menjadi mati.

Gejala dari anjing yang keracunan racun tikus ini tidak mudah untuk diamati. Anjing yang terkena racun ini dapat mengalami pendarahan bawah kulit atau hematoma dan perdarahan otot.

Biasanya, anjing keracunan racun ini tidak akan sampai mengalami kematian, jika segera di bawa ke dokter hewan untuk diobati dengan obat yang memperbaiki kerja mekanisme pembekuan darahnya.

Keracunan insektisida jenis organo phosfat

Ini adalah zat beracun yang sering digunakan sebagai obat pembunuh nyamuk.

Gejala keracunan yang terlihat pada anjing dari zat beracun ini adalah: air liur yang berlebihan (hipersalivasi), kejang-kejang, dan rasa sakit perut yang hebat, kadang sampai menyebabkan mencret.

Pertolongan pertama yang dapat diberikan kepada anjing jika terpapar racun ini adalah mengupayakan untuk memuntahkan segala makanan yang ada di lambung anjing. Bisa juga dengan segera memberikan tablet aktivated charchoal/ norit sebanyak 10 sampai 20 tablet tergantung besarnya anjing, sambil segera membawa anjing tadi ke dokter hewan.

 

Dari semua jenis keracunan pada anjing di atas, maka sebaiknya Anda melakukan pencegahannya dengan cara:

  1. Jangan biasakan anjing dilepas bebas keluar rumah.
  2. Biasakan disiplin dalam memberi makan (waktu dan tempatnya)
  3. Simpan zat-zat yang beracun pada tempat yang aman dan tidak dapat dijangkau oleh

hewan peliaraan kita.

  1. Bila melihat anjing kita berperilaku tidak normal (lemas , kejang, atau air liur yang

berlebihan) segeralah bawa ke dokter hewan, jangan ditunda!

 

 

Jika Anda memiliki pertanyaan lain seputar masalah kesehatan pada kucing dan anjing, maka Anda dapat menanyakannya lewat e-mail di:

Info.pawsunion@gmail.com