| 1020 0

Apakah Anjing Anda Takut Petir? Ini Solusinya

anjing takut petir

Ketika musim hujan tiba, petir pun bukanlah menjadi tamu yang tak biasa untuk hari-hari kita. Beberapa orang tak masalah dengan keadaan ini, namun beberapa orang merasa ini merupakan masalah, karena ia takut akan petir. Kenyataannya, yang takut akan petir bukan cuma manusia,  beberapa anjing pun ada yang mengalami phobia terhadap hal ini.

Ada banyak ahli yang memiliki pandangan yang berbeda-beda mengenai masalah ini, salah satu teori yang cukup umum adalah ketika terjadinya petir, tubuh anjing merasakan perubahan keadaan di tingkat yang tidak dapat dirasakan manusia, mulai dari suara, angin, cahaya, bahkan perubahan listrik statis, yang memberikan rasa sakit ke tubuhnya, dan kemudian membuatnya takut terhadap situasi ini.

Intinya, masalah takut terhadap petir ini adalah nyata, dan bukannya suatu hal yang langka yang dapat dibiarkan. Sebaliknya, Anda sebagai sahabat yang memelihara anjing tadi harus dapat membantunya mengatasi masalah ini.

Berikut ini beberapa solusi yang bisa dipakai mengatasi rasa takut anjing terhadap petir

Mengapresiasi perilaku tenang ketika ada sambaran petir

Anjing yang takut akan petir akan menjadi gelisah ketika ada petir dan cenderung meminta perlindungan dari orang yang ia percaya, yaitu Anda. Namun, perilaku yang memanja-manjakannya ketika ia takut karena petir bukanlah perilaku yang baik, karena hal ini tidak akan membuatnya menjadi lebih berani mengatasi rasa takutnya. Sebaliknya Anda harus mengapresiasinya ketika ia mampu bersikap tenang ketika petir menyerang.

Hal ini dapat mulai dilatih ketika tidak ada petir, yaitu dengan memberi perintah tenang dan mengapresiasi ketenangannya dengan makanan atau pujian (misal membelainya). Ketika petir pun datang, perintahkanlah ia untuk tetap tenang, jika ia bisa tetap bersikap tenang, apresiasilah ia dengan pujian atau makanan. Lakukan terus menerus hingga ia benar-benar dapat mengatasi petir seutuhnya.

Alihkan perhatiannya ketika petir

Anda juga dapat mengajarinya terbiasa terhadap petir dengan mengalihkan perhatiannya ke hal-hal lain yang positif. Hal-hal yang dapat dilakukan agar perhatian anjing teralihkan, antara lain memberikannya mainan favoritnya, bermain bersama, atau berinteraksi dengannya seperti biasa (tidak terlalu memanja-manjakannya karena ia takut).

Hal-hal ini dapat dikombinasikan dengan latihan ketenangan pada poin sebelumnya, yaitu memberikannya sebuah apresiasi ketika ia berhasil bersikap tenang.

Memberikan tempat persembunyian

Terkadang melatih anjing tidak takut terhadap petir bukanlah perkara mudah. Kadang ia membutuhkan alat bantu berupa sebuah tempat persembunyian (seperti bawah meja atau sebuah ruang khusus) untuk membantunya menenangkan diri. Tempat persembunyian haruslah memiliki akses yang baik, di mana ia dapat keluar dan masuk sendiri tanpa bantuan Anda.

Anda kemudian dapat melatihnya menjadi lebih tenang terhadap petir dengan melakukan hal-hal di poin sebelumnya.

Membiasakannya terhadap suara petir

Anda dapat membiasakan anjing Anda terbiasa terhadap suara petir dengan menggunakan rekaman suara petir, yang secara rutin Anda dengarkan kepadanya. Ketika melakukan hal ini, mulailah memutarnya dari volume yang kecil dan terus meningkat ke volume yang besar secara perlahan.

Hal ini dapat menjadi sebuah simulasi untuk anjing Anda agar dapat bersikap tenang ketika petir menyambar.