| 2627 0

5 Jenis Sayuran yang Disukai Anjing

sayuran untuk anjing

Banyak dari kita memiliki kebiasaan untuk memberi makan anjing dengan dog food kemasan. Sebenarnya hal tersebut tidak salah, karena selain praktis dan efisien; para produsen pakan tersebut pun tentunya sudah memperhitungkan gizi dan komposisi yang aman untuk dikonsumsi oleh anjing. Tetapi, tidak ada salahnya Anda juga memberikan modifikasi menu makanan, sehingga anjing tidak merasa jenuh.

Sebagai hewan yang masuk dalam kategori omnivore*, anjing tidak hanya memakan daging saja, namun juga berbagai macam sayuran. Memberikan sayuran adalah salah satu alternatif yang baik untuk anjing. Selain memiliki vitamin yang tinggi, kandungan serat yang terdapat dalam sayuran pun sangat bermanfaat untuk anjing.

5 Jenis Sayuran Yang Cocok Untuk Anjing Anda

a.Wortel

Selain kandungan vitamin A yang baik bagi anjing, ternyata wortel  bermanfaat bagi kesehatan gigi. Teksturnya yang keras membuat anjing Anda berlatih menggigit, serta menghilangkan karang gigi pada anjing.

b. Labu

Salah satu jenis sayuran yang memiliki serat tinggi adalah labu kuning. Pemberian makan labu bisa menambah selera makan anjing Anda. Serta kandungan seratnya dapat menghindarkan anjing dari masalah diare dan konstipasi (sembelit).

c. Brokoli

Kandungan gizi dalam brokoli memiliki berbagai banyak macam manfaat. Salah satunya untuk kesehatan tulang anjing Anda, seperti kalsium dan mineral lain seperti antioksidan. Cara menyajikannya pun cukup sederhana, cukup dengan merebusnya saja.

d. Paprika

Jenis sayuran ini telah ditelisik mampu mencegah penyakit berbahaya yakni kanker. Kandungan vitamin C dalam paprika memiliki antioksidan yang tinggi, cocok untuk dikonsumsi anjing Anda.

f. Buncis

Sayuran ini dapat Anda berikan pada anjing dalam kondisi mentah maupun direbus. Buncis kaya akan kandungan vitamin A dan C, serta baik untuk pencernaan.

 

Pemberian sayuran pada anjing dapat Anda kombinasikan dengan dog food ataupun makanan yang sudah Anda racik sendiri sebagai variasi. Penting pula untuk diingat, jangan mencampurkan makanan anjing dengan menggunakan bawah merah, bawang putih, serta penggunaan garam terlalu banyak.

Silakan mencoba!

 

*Masih ada perdebatan di antara para ahli, apakah anjing dimasukkan ke dalam kategori karnivora atau omnivora