| 914 0

Mengapa Anjingku Malas Makan ?

anjingku malas makan

Bagi Anda yang sedang merawat anjing, kadang ada masanya ketika anjing kesayangan Anda menjadi tidak mau makan. Ketika hal ini terjadi, banyak pemilik yang merasa panik dan mencoba berbagai cara untuk mengatasi masalah malas makan pada anjing kesayangan mereka.

Namun, tahukah Anda, sebelum merasa panik terhadap perilaku anjing ini, ada baiknya kita coba pahami dahulu alasan-alasan yang mungkin menyebabkan anjing menjadi malas makan.

Sifat alami atau tidak lapar

Anjing dan serigala memiliki kekerabatan yang dekat karena memiliki nenek moyang yang sama. Kekerabatan ini pun kemudian menyebabkan adanya kemiripan karakter dari perilaku dan sistem metabolisme, salah satunya dalam urusan makan.

Salah satu karakter khas dari serigala yang bisa saja dimiliki oleh anjing Anda adalah kebiasaannya untuk makan hanya makan ketika lapar (di mana hal ini didukung oleh sistem metabolisme miliknya). Jadi ketika anjing Anda menjadi tidak mau makan, bisa jadi sebenarnya hal ini disebabkan oleh sifat alaminya, yaitu karena ia merasa belum membutuhkan makan, maka ia pun menolak memasukkan makanan ke tubuhnya.

Terlalu dimanja

Kebanyakan pemilik anjing merasa tidak ada salahnya (bahkan senang) untuk langsung menyuapi anjingnya. Kenyataannya, hal ini dapat membuat anjing Anda menjadi terlalu manja, dan merasa “hanya bisa” makan, ketika Anda menyuapinya langsung.

Berhubungan dengan kebiasaan terlalu memanjakan anjing, terkadang kita sebagai pemilik tidak sadar bahwa kita sudah terlalu banyak memberi camilan kepada anjing lewat suapan-suapan kita. Hal kecil ini kemudian membuat anjing menjadi kenyang dan tidak membutuhkan asupan makanan lagi, sehingga ia menjadi tidak mau makan.

Sakit, stres, dan tidak ada saingan

Masalah fisik yang dirasakan anjing juga dapat membuat ia menjadi malas makan, misalnya ketika ia mengalami masalah pada gigi dan mulut, atau ketika ia mengalami diare. Ketika hal ini terjadi, berkonsultasi kepada dokter adalah solusi utama yang dapat lakukan.

Selain masalah fisik, masalah psikis juga dapat menjadi penyebab anjing Anda menjadi tidak mau makan. Hal ini sering terjadi jika anjing yang baru tiba di rumah baru atau kehilangan sesuatu yang ia senangi, misalnya kehilangan teman atau tuannya.