| 633 0

Anjing Malas Makan? Ini Solusinya

anjing malas makan

Memiliki anjing yang sehat dan memiliki nafsu makan yang tinggi adalah impian setiap pencinta anjing. Namun terkadang, anjing menjadi malas makan karena satu dan lain hal.

Hal ini jika dibiarkan dapat membuatnya menjadi rentan terserang penyakit atau masalah-masalah  lainnya. Oleh karena itu, kali ini kami akan memberikan beberapa tips merawat anjing yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah malas makannya.

Disiplin soal makan

Salah satu penyebab utama anjing menjadi malas makan adalah karena ia sudah merasa kenyang karena camilan-camilan yang ia makan. Kebiasaan memberi camilan secara sembarangan ini adalah bentuk ketidakdisiplinan soal makan.

Hal yang seharusnya Anda lakukan adalah menciptakan jam makan untuk anjing Anda dan melaksanakannya secara disiplin. Hal ini artinya Anda sebaiknya tidak memberi makanan kepada anjing Anda di luar jam makannya. Dengan melakukan hal ini, maka anjing Anda akan merasa lapar di waktu yang tepat, yaitu pada jam makannya, dan akhirnya membuatnya menjadi lahap. Tahap pertama untuk melakukan ini adalah mengurangi atau menghentikan memberi camilan kepada anjing Anda selama beberapa waktu.

Selain disiplin soal waktu makan, Anda juga diharapkan untuk tidak terlalu memanjakan anjing Anda. Biasakan ia makan dari tempat makan yang sesuai dan bukan hanya mengandalkan suapan Anda. Tindakan lain yang dapat Anda lakukan agar anjing Anda tidak menjadi terlalu manja adalah dengan tidak selalu mengikuti makanan keinginannya, yaitu mengganti menu makanannya ketika ia mulai bosan. Sebaliknya, Anda dapat membiarkan anjing Anda berpuasa selama satu hari dan cukup memberikannya air saja, sehingga ia mulai lapar dan mulai memakan makanan yang Anda berikan.

Ajak anjing bermain dan berolahraga

Salah satu cara alami mendongkrak selera makan anjing adalah dengan memastikan bahwa tubuhnya tetap aktif bergerak. Hal ini terutama dapat dilakukan dengan rutin mengajak anjing Anda untuk bermain dan berolahraga. Ketika tubuh anjing Anda aktif bergerak, maka tubuhnya pun akan membutuhkan asupan makanan yang tinggi pula yang dapat meningkatkan nafsu makan anjing.

Berikan suplemen

Tubuh anjing yang sehat juga akan berpengaruh terhadap meningkatnya selera makan si kaki empat. Oleh karena itu Anda sebaiknya meningkatkan kesehatan dan kekebalan tubuhnya, misalnya rutin memberikan ia vitamin dan obat cacing sehingga nafsu makannya tetap terjaga.

Berikan ia teman

Ketika ada anjing lain, maka anjing Anda akan merasa tersaingi dalam urusan makan, sehingga membuatnya relatif lebih lahap dalam menghabiskan makanannya. Hal ini dapat Anda lakukan jika anjing Anda terbiasa hidup sendiri dan menjadi malas makan karena hal ini.