| 1629 0

Menghitung Usia Kucing

usia kucing

Beberapa orang mengatakan bahwa menghitung usia kucing dengan mengalikan angka tujuh, sebenarnya ada kekeliruan pada cara tersebut. Usia kucing akan lebih cepat pada dua tahun awal, lalu akan melambat setelahnya.

Usia 1 tahun pada kucing, sesungguhnya usia rata – rata 15 tahun pada manusia. Saat kucing menginjak usia 2 tahun, serupa dengan manusia berumur 24 tahun. Seiring melewati fase tersebut, bertambahnya usia kucing sepadan dengan empat tahun kalender manusia. Misalkan, usia kucing berusia 5 tahun setara manusia yang telah hidup selama 36 tahun.

Ketahui tanda – tanda nya

Andaikan anda mengadopsi kucing yang tidak diketahui asal usul nya, anda dapat menanyakan dokter hewan. Umumnya mereka akan mengamati melalui gigi kucing.

Gigi susu pada kucing akan tumbuh ketika telah berusia 3 minggu, sesudahnya gigi tetap akan bertumbuh bila kucing telah berusia 3 – 4 bulan. Kucing yang telah memiliki rangkaian gigi lengkap, diperkirakan sudah berusia 1 tahun.

Kucing yang giginya sudah menguning, berkisar di usia 2 tahun. Apabila terlihat karang gigi atau radang gusi, mengindikasikan kucing sudah berusia 3 atau 4 tahun. Namun, bila terdapat gigi yang tidak lengkap, berarti kucing tersebut sudah mencapai usia tua sekitar 7 – 10 tahun.

Selain melakukan pemeriksaan gigi, anda dapat melihatnya dari bulu pada tubuhnya. Kucing yang masih berusia 1 – 2 tahun biasanya memiliki bulu yang lembut, sementara itu kucing tua warna bulunya sudah memudar dan bertekstur kasar.