| 788 0

Pentingnya Rutin Memeriksakan Kucing ke Dokter hewan

memeriksakan kucing

Selama ini, para pencinta kucing umumnya hanya mengandalkan dokter hewan ketika kucingnya sakit atau membutuhkan bantuan medis lainnya. Sedangkan ketika hal-hal tersebut tidak terjadi kepada kucingnya, maka mereka seolah-olah melupakan keberadaan si dokter hewan.

Padahal dalam merawat kucing, pemeriksaan rutin terhadap kesehatan kucing adalah salah satu kunci untuk kucing yang sehat dan bahagia. Pemeriksaan yang rutin memungkinkan Anda untuk mencegah berbagai masalah kesehatan yang dapat menyerang kucing nantinya, oleh karena itu sebaiknya Anda rutin melakukan hal ini, setidaknya 1 kali dalam setahun, dan semakin sering sejalan bertambahnya usia mereka.

Berikut ini manfaat dari rutin memeriksakan kucing Anda ke dokter hewan.

Vaksinasi kucing

Melakukan vaksinasi kepada kucing secara rutin merupakan sebuah cara yang baik untuk melakukan pencegahan terhadap berbagai penyakit untuk kucing Anda. Dengan rutin membawa kucing Anda ke dokter hewan maka Anda pun dapat memastikan bahwa kucing Anda selalu mendapatkan vaksinasi yang diperlukannya (beberapa vaksin kucing membutuhkan vaksinasi ulang dalam jangka waktu tertentu). Vaksinasi penting karena ada banyak penyakit-penyakit berbahaya yang dapat dengan mudah dihindari lewat vaksinasi, seperti flu kucing atau serangan dari feline leukemia virus.

Mencegah kutu, cacing, dan hama-hama lainnya

Rutin memeriksakan kucing juga meningkatkan kemungkinan Anda untuk mencegah berkembangnya kutu, cacing, dan hama-hama lainnya di kucing Anda. Hama-hama ini perlu dicegah karena dapat dengan mudah menyebarkan berbagai penyakit untuk sahabat Anda nantinya. Ketika berkunjung ke dokter, Anda juga dapat meminta saran dari dokter bagaimana agar kucing Anda terhindar dari masalah ini.

Neutering/ Sterilisasi

Dengan rutin membawa kucing Anda ke dokter hewan, Anda dapat berkonsultasi dengannya untuk tahu kapan waktu yang tepat untuk melakukan proses ini ke kucing Anda, lengkap dengan kelebihan, kelemahan, dan hal-hal penting lain yang perlu dipertimbangkan dari melakukan sterilisasi kepada kucing Anda.

Pemeriksaan perilaku

Beberapa perilaku kucing dapat mengindikasikan suatu kondisi tertentu, yang belum tentu dapat Anda pahami sendiri. Dengan rutin membawa kucing Anda ke dokter hewan, maka Anda dapat menanyakan perilaku ini kepada dokter hewan; karena jika ternyata perilaku ini merupakan indikasi terhadap suatu penyakit, maka Anda dapat melakukan pencegahan sebelum masalah ini membesar di kemudian hari.

Perawatan gigi

Kucing memiliki kekurangan dalam mengekspresikan rasa sakit yang dialaminya. Sehingga Anda bisa saja tidak menyadari masalah ini hingga benar-benar menjadi sebuah masalah besar; hal ini terutama benar berlaku untuk masalah gigi. Oleh karena itu, pemeriksaan yang rutin dapat membuat Anda mengetahui masalah gigi dan mulut pada kucing dan mengatasinya sebelum jadi masalah yang besar.

Pemeriksaan berat badan kucing

Menentukan berat badan yang sehat dan ideal untuk kucing bukanlah perkara mudah. Oleh karena itu ada baiknya Anda rutin memeriksakan kucing Anda untuk tahu apakah ia tumbuh dengan baik dan sehat. Seandainya pertumbuhannya kurang baik (terlalu gemuk atau kurus) maka Anda dapat meminta saran kepada dokter untuk mengembalikan kondisinya ke kondisi yang ideal agar ia tetap sehat dan terhindar dari berbagai masalah lainnya.

Perawatan untuk kucing senior atau kucing tua

Sama seperti manusia, kucing yang sudah lanjut usia memerlukan perhatian yang lebih karena menurunnya kemampuan tubuh kucing yang membuatnya rentan terkena berbagai masalah. Oleh karena itu Anda disarankan untuk lebih memperhatikan hal-hal kecil yang dapat menimbulkan masalah dengan rutin membawanya ke dokter hewan untuk pemeriksaan, seperti pemeriksaan darah atau urine.