| 1229 0

Mengapa Kucing Mencintai Kotak ?

kucing mencintai kotak

Meskipun sudah ribuan tahun hidup bersama dengan manusia, tetap saja ada hal-hal tertentu dari kucing yang menjadi misteri bagi akal dan logika kita. Salah satunya adalah fenomena yang mungkin sering Anda temukan sendiri, baik secara langsung atau melihatnya melalui internet; yaitu kecintaan kucing terhadap kotak.

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, fenomena ini adalah sebuah misteri yang belum sepenuhnya terpecahkan oleh ilmu pengetahuan, namun keunikan (dan kelucuan) dari perilaku ini kemudian menarik banyak perhatian orang-orang untuk mencari tahu alasan di balik tingkah laku yang berbeda ini, dan menelurkan beberapa hipotesis (perkiraan) yang berbeda-beda pula.

Sebagai “obat” penenang

Salah satu perkiraan utama atas kecintaan kucing terhadap kotak, adalah kucing menggunakan kotak tadi sebagai sebuah mekanisme untuk menenangkan dirinya, terutama ketika ia berada di sebuah lingkungan yang baru. Pendukung teori ini menyatakan bahwa, dengan berdiam di tempat yang sempit seperti kotak, maka kucing sebenarnya sedang bersembunyi sambil memperhatikan dan menyesuaikan dirinya dengan keadaan sekitar, hingga ia yakin bahwa tempat atau keadaan sekitarnya tadi benar-benar aman dan baik untuk dirinya.

Jalan penyelesaian masalah

Perkiraan lain dari ketertarikan kucing terhadap kotak adalah kucing sebenarnya menggunakan kotak sebagai solusi ketika ia menghadapi masalah sosial. Pendukung teori ini berpendapat bahwa kucing sejatinya bukanlah makhluk yang memiliki kemampuan sosial yang baik; oleh karena itu, ketika mengalami konflik dengan kucing atau makhluk lain, kucing memilih untuk bersembunyi darinya dan berusaha agar tidak berinteraksi sama sekali dengannya, di mana kotak sering kali menjadi salah satu pilihan utama untuk tempat kucing bersembunyi.

Melindungi diri

Hipotesis lain dari kebiasaan kucing ini menggunakan latar belakang kucing sebagai makhluk penyendiri. Yaitu alasan kucing suka berdiam di dalam kotak sepenuhnya untuk melindungi dirinya dari ancaman predator atau ancaman-ancaman lainnya. Karena kucing sebagai makhluk yang tidak hidup berkelompok, maka ia hanya dapat mengandalkan dirinya dari ancaman-ancaman yang membahayakan, yaitu dengan bersembunyi dengan harapan tidak dapat disadari kehadirannya oleh makhluk-makhluk lain. Kotak, menurut para ahli adalah tempat yang ideal bagi kucing untuk tujuan ini.

Menghangatkan diri

Perkiraan lain mengenai fungsi kotak bagi kucing adalah kucing sengaja menggunakan kotak untuk menjaga kehangatan tubuhnya. Sebagai hewan berdarah panas, memang sudah sewajarnya kucing memastikan tubuhnya dalam keadaan suhu yang tepat. Kotak di sisi lain merupakan sebuah alat yang ideal yang dapat digunakan kucing untuk membantu menyesuaikan suhu tubuhnya; dan karena itulah kucing mencintainya.