| 1241 0

Maha Vajiralongkorn, Raja Nyentrik Pencinta Anjing

Maha Vajiralongkorn

Publik dunia bersedih ketika Raja Bhumibol Adulyadej, sang monarki Thailand menghembuskan nafas terakhir. Berdasarkan aturan yang berlaku, maka sang raja akan digantikan oleh sang putra mahkota Maha Vajiralongkorn, yang dikenal nyentrik. Namun dibalik rekam jejaknya yang “sangat berwarna”, ternyata ia seorang pecinta hewan, terutama anjing.

Kecintaan Maha Vajiralongkorn terhadap anjing dapat dengan mudah terlihat dari bagaimana ia memperlakukan Foo Foo (atau Fufu) si anjing kesayangannya. Cerita unik antara Foo Foo dan sang raja baru dimulai ketika si anjing, yang saat itu masih berusia satu bulan, dibeli oleh Maha Vajiralongkorn beserta keluarga bersama dengan beberapa hewan peliharaan lain.

Foo Foo yang awalnya terlihat lemah namun lucu tersebut kemudian tumbuh menjadi seekor anjing kesayangan Maha Vajiralongkorn, yang sering tidak luput dari hal-hal unik dari kehidupan sang pangeran mahkota.

Hal-hal sensasional yang dilakukan Maha Vajiralongkorn kepada Foo Foo tidak tanggung-tanggung. Berdasarkan beberapa sumber berita, sang pangeran memberikan pangkat militer air chief mashall (marsekal udara) kepada Foo Foo, yang jika dibandingkan dengan kemiliteran Indonesia, maka pangkat ini setara dengan Jenderal TNI Angkatan Udara. Dengan kata lain, maka Foo Foo adalah  seekor anjing yang berpangkat jenderal.

Foo Foo, juga cukup sering menghadiri beberapa acara-acara resmi yang dihadiri oleh Maha Vajiralongkorn. Salah satu yang cukup tenar adalah ketika sang pangeran bersama anjingnya menghadiri sebuah gala dinner yang diadakan oleh duta besar Amerika Serikat untuk Thailand. Foo Foo yang hadir saat itu tampil dengan setelan resmi, lengkap dengan sepatu khususnya.

Bahkan, ketika menutup usia pada tahun 2015, untuk “menghormati” kepergiannya maka sang pangeran pun melaksanakan ritual pemakaman agama Budha lengkap dengan acara pengkremasian. Hebatnya lagi, acara pemakanan untuk anjing ini merupakan suatu acara yang tidak bisa dikatakan sederhana.