| 1203 0

Tips Memelihara Anjing untuk Apartemen Anda

anjing untuk apartemen

Gaya hidup masyarakat dan semakin padatnya perkotaan besar, membuat apartemen sering menjadi satu-satunya hunian ideal bagi beberapa orang. Terkadang pula, mereka yang tinggal di apartemen tadi menginginkan adanya sahabat dalam bentuk seekor anjing, dan selama apartemen memperbolehkannya tidak ada yang salah dengan memiliki seekor anjing di apartemen.

Memelihara anjing di apartemen tidaklah susah, hanya saja ada hal-hal khusus yang perlu diperhatikan ketika ingin melakukannya

Pilih anjing kecil

Jika Anda baru berencana untuk memiliki anjing untuk apartemen Anda, maka poin ini layak dipertimbangkan. Ketika Anda hendak memilih anjing untuk dipelihara di apartemen, apakah itu dari hasil beli, terima, atau adopsi anjing, maka pertimbangkanlah untuk memilih anjing berukuran kecil. Hal ini erat hubungannya dengan luas dari apartemen yang umumnya tidak terlalu besar. Ketika Anda harus berbagi ruang gerak dengan anjing, maka anjing kecil merupakan pilihan yang lebih ideal,karena dengan begitu ruang gerak Anda tidak akan banyak termakan, dan anjing pun tetap dapat bergerak dengan bebas.

Beberapa anjing yang umumnya memiliki postur mungil, antara lain: Maltese, Pugs, Pomeranian, atau Chihuahua.

Rutinlah mengajak anjing keluar

Anjing yang terbiasa tinggal di apartemen juga harus sering diajak keluar, misalnya untuk bermain atau berjalan-jalan. Hal ini penting dilakukan untuk menjaga kesehatan anjing, karena dengan rutin keluar, maka ia pun dapat aktif bergerak tanpa perlu takut merusak barang-barang Anda.

Selain untuk kepentingan fisik, mengajak anjing keluar juga merupakan cara yang baik untuknya berinteraksi dan bersosialisasi dengan orang lain, sehingga ia menjadi lebih ramah dan tidak mengalami stres terlalu sering “terperangkap” di dalam ruangan.

Anjing yang tidak terbiasa berinteraksi dan bersosialisasi dengan orang atau anjing lain, cenderung akan agresif atau bahkan ketakutan terhadap orang lain yang tidak ia kenal. Memiliki anjing dengan sikap begini untuk tinggal di apartemen adalah sebuah keputusan yang tentunya kurang baik untuk Anda, anjing, ataupun penghuni apartemen lainnya.

Rutin dimandikan

Anda juga harus rutin memandikan anjing Anda agar terjaga kebersihannya. Anjing yang bersih tentu akan membuat Anda dapat tinggal dengan lebih nyaman di apartemen bersama dengan anjing Anda. Rutin memandikan anjing akan membuat ia tidak bau dan menghindari bersarangnya kutu di anjing Anda. Karena tentu Anda tidak mau ada kutu-kutu anjing yang hidup bebas di dalam unit apartemen Anda nantinya.