| 259 0

Selamat Hari Hak Asasi Hewan Sedunia !

hari hak asasi hewan sedunia

Hari ini, kami tidak akan membicarakan anjing atau kucing secara spesifik, tetapi kami akan berbicara tentang hewan secara umum untuk menyambut hari Hak Asasi Hewan Sedunia yang jatuh setiap tanggal 15 Oktober.

Sebagai informasi, hari hak asasi hewan sedunia adalah sebuah gerakan untuk menyadarkan kita para manusia, bahwa hewan, khususnya hewan-hewan peliharaan memiliki hak-hak untuk dapat hidup dengan layak. Hak-hak yang sangat diperhatikan terutama mengenai, hak untuk terhindar dari kekejaman, hak untuk terpenuhi kebutuhannya, hak untuk terbebas dari penyakit, hak untuk rasa takut dan tertekan, serta hak untuk bebas mengekspresikan sikap alaminya.

Hari ini juga penting bagi manusia karena dapat menjadi cermin terhadap hidup kita sehari-hari, yaitu untuk melihat seberapa baikkah perilaku kita terhadap hewan-hewan tersebut. Karena memang sudah kodratnya bagi hewan untuk tidak dapat menyuarakan hak-haknya (mereka tidak bisa berdemo, mogok, atau bahkan sekedar protes), maka seharusnya bukan berarti kita sebagai manusia bebas memperlakukan hewan tersebut seenak jidat kita. Ketika kita malah memperlakukan mereka secara semena-mena dan mengabaikan hal-hal yang seharusnya menjadi hak mereka, maka dapat disimpulkan kita belum cukup berperilaku baik sehari-harinya.

Hari ini dapat jadi momentum untuk kita mengingat bahwa kita bukanlah hidup sendiri di dunia ini. Kehidupan akan jadi jauh lebih baik ketika manusia dan hewan hidup secara berdampingan dan tidak menyalahgunakan salah satu pihak demi kepentingan pribadi.

Ingat! Harimau Bali sudah punah dari muka bumi ini. Banyak orang utan dan satwa-satwa liar lain yang kehilangan rumahnya, karena kita membakar hutan mereka. Banyak gajah dan badak yang harus mati hanya karena orang yang menginginkan gading dan culanya. Masih saja ada orang-orang yang keras terhadap hewan kecil bernama monyet demi usaha “sirkus jalanan” bernama topeng monyet. Masih terlalu banyak hewan-hewan yang sejatinya dapat dengan mudah menjadi teman kita, seperti anjing dan kucing harus merasakan lapar, tertindas, bahkan pemaksaan untuk kawin demi masalah uang.

Semua hal-hal di atas hanyalah contoh kecil bahwa kita sebagai manusia, yang sejatinya diberikan kemampuan untuk memelihara dan melestarikan bumi beserta isinya oleh Sang Pencipta, masih memiliki rapor merah. Salah satu penyebab utama jeleknya nilai kita sebagai pelindung ciptaan-Nya adalah kurangnya kesadaran kita untuk menghargai hak asasi hewan tersebut.

Oleh karena itu, mari mulai perbaiki diri dan mulai memperhatikan hak-hak asasi makhluk hidup di sekitar kita. Memang, kita pun tercatat belum sempurna dalam menghargai Hak Asasi Manusia, namun bisa jadi dengan mulai menghargai hak asasi makhluk-makhluk lemah, kita dengan sendirinya menjadi makhluk yang lebih bijak dan mampu menghargai Hak Asasi untuk kaum kita sendiri.

Belajar untuk menghargai hak asasi hewan tadi tidaklah sulit, kita dapat mulai dari hewan-hewan kecil yang sering kita jumpai, misalnya anjing dan kucing. Merawat kucing atau anjing kita secara baik agar hidup mereka nyaman adalah salah satu bentuk paling gampang untuk mulai menghargai hak-hak mereka, atau jika Anda ingin melakukan sesuatu yang besar, Anda dapat melakukan adopsi anjing atau kucing, agar mereka tertolong dari kehidupan kurang layak yang menimpa mereka.

Ingat! Perubahan yang baik itu harus dimulai dari diri kita sendiri. Walaupun terlihat kecil, namun begitu Anda mulai mengakui hak-hak asasi hewan peliharaan tersebut, maka Anda berarti mulai ikut menggerakkan roda perubahan untuk hidup yang lebih baik, terutama untuk si hewan. Selamat hari hak asasi hewan sedunia!