| 2648 0

Adopsi Kucing Kampung Liar? Ini Tips Memeliharanya

kucing kampung

Anda mungkin pernah berniat untuk mengambil atau mengadopsi kucing kampung (entah itu karena kasihan atau terpikat kelucuannya) yang kebetulan Anda temukan di jalanan atau di halaman rumah Anda, namun kemudian Anda mengurungkan niat Anda tersebut, karena takut akan kesulitan memelihara kucing “liar” ini.

Hal ini memang dapat dipahami, tapi tahukah Anda, dengan sedikit usaha perawatan, bahkan kucing kampung yang mungkin awalnya tampak menyedihkan tadi dapat menjadi kucing yang tak kalah lucu dan pintar layaknya kucing ras berharga selangit.

Kebersihan tubuh kucing

Hal pertama yang harus dilakukan ketika Anda memutuskan untuk merawat atau memelihara kucing kampung tadi, adalah membersihkan tubuhnya. Hal ini penting karena selama hidup liar, besar kemungkinan kebersihannya menjadi tidak terjaga dengan baik. Anda dapat membersihkan tubuh kucing dengan cara memandikannya, jika perlu, mandikan dengan menggunakan sampo khusus agar kutu-kutu yang mungkin menempel menjadi hilang.

Selain memandikannya, rapikan juga kuku kucing agar tidak terlalu panjang, namun jangan pula terlalu pendek. Jangan pula sampai lupa untuk membersihkan telinganya

Pastikan kesehatannya

Adalah keputusan yang sangat baik untuk Anda memastikan kucing tadi pada kondisi kesehatan terbaiknya. Pertama periksalah apakah ada luka atau kelainan-kelainan lain yang terlihat padanya, dan cobalah untuk merawat masalah ini, jika Anda merasa tidak mampu merawat keadaan ini sendiri, maka bawalah si kucing ke dokter hewan. Jika Anda memutuskan membawanya ke dokter hewan, maka tidak ada salahnya untuk Anda langsung memeriksakannya untuk tahu apakah ada masalah-masalah lain yang tak kasat mata.

Kemudian berilah vaksinasi kepada kucing tadi, agar ia dapat terhindar dari berbagai penyakit-penyakit berbahaya.  Setelah Anda sudah merawat dan memberikannya vaksinasi, maka Anda dapat meningkatkan kesehatan atau daya tahan tubuhnya dengan berbagai vitamin khusus.

Makanan kucing

Anda boleh saja memberi makan kucing kampung Anda dengan makanan khusus kucing. Namun jangan ganti secara mendadak, melainkan secara perlahan-lahan berubah, dari makanan manusia ke makanan kucing selama satu bulan. Hal ini tentu saja dilakukan dengan asumsi selama si kucing hidup liar, ia makan apa saja yang bisa ia dapatkan (yang besar kemungkinan adalah makanan manusia, seperti lauk pauk yang dimasak).

Jangan ubah drastis kebiasaannya

Sebagai kucing yang terbiasa hidup liar, maka kucing umumnya memiliki tubuh dan mental yang lebih kuat, karena terbiasa aktif bergerak, apakah itu untuk berlari, menjelajah, atau berburu. Anda disarankan untuk tidak mengubah drastis kebiasaan tersebut; biarkanlah ia tetap terbiasa menjelajah atau berburu. Hal ini karena dari sisi mental, terbiasa aktif dapat melatih pikiran kucing menjadi lebih mandiri dan secara fisik, hal ini juga membuat tubuh kucing menjadi lebih sehat dan terhindar dari kegemukan.

Jika Anda merasa risih terhadap kebiasaan kucing untuk membawa binatang mati hasil buruannya, maka Anda dapat mengalihkan energi dan kebiasaannya berburu dengan menggunakan mainan, agar pikiran dan tubuhnya tetap terlatih.

 

Dengan perawatan-perawatan khusus sepeti di atas, maka Anda dapat mengubah kucing kampung liar tadi menjadi kucing yang top yang tidak hanya memiliki penampilan menarik, namun juga memiliki tubuh yang sehat dan mental yang kuat.