| 1685 0

Tips Merawat Telapak Kaki Anjing

Dog paw in human palm

Telapak kaki memang diciptakan untuk berjalan, tapi tahukah Anda bahwa telapak kaki anjing memiliki fungsi lain yaitu sebagai pelindung? telapak kaki anjing memiliki bantalan untuk melindungi otot dan tulang dari syok, melindungi telapak kaki dari cuaca yang terlalu dingin / terlalu panas, melindungi telapak kaki ketika berjalan di jalanan yang kasar dan juga melindungi jaringan-jaringan pada cakar mereka. Sehingga telapak kaki anjing harus diperhatikan dan dirawat karena kegunaannya sebagai pelindung. Berikut beberapa tips untuk merawat telapak kaki anjing.

  1. Bersihkan telapak kaki anjing

Bersihkan telapak kaki mereka, pastikan tidak ada benda-benda asing yang lengket atau menusuk telapak kaki maupun sela-sela kaki mereka. Jikalau ada, benda asing yang menancap itu dapat di ambil dengan menggunakan pinset.

  1. Gunakan pelembap

Telapak kaki dapat menjadi kering dan pecah, sehingga anda harus mengaplikasikan pelembap. Mintalah saran kepada dokter hewan, atau gunakanlah pelembap khusus untuk hewan. Janganlah menggunakan pelembap manusia, karena dapat membuat bantalan telapak kaki anjing menjadi terlalu lembut sehingga mudah terluka.

  1. Pijat telapak kaki anjing

Berikan pijatan pada telapak kaki anjing untuk melancarkan sirkulasi darah. Pijatan ini memberikan relaksasi dan anjing anda akan sangat berterima kasih kepada anda. Anda dapat mulai memijat telapak kaki bagian tengah secara perlahan lalu di lanjutkan ke bantalan telapak kaki lainnya yang berukuran lebih kecil.

  1. Hindari cedera pada telapak kaki

Untuk menghindari cedera pada telapak kaki anjing Anda, pastikan area sekitar rumah dan taman bersih dari pecahan-pecahan kaca, karena ingatlah, jika Anda tidak ingin menginjak pecahan kaca ketika berjalan dengan kaki telanjang, begitu pula dengan anjing Anda.

  1. Menggunting dan mencukur

Cukur atau guntinglah bulu-bulu yang berada di bawah cakar mereka untuk menghindari menggumpalnya bulu di area tersebut. Cukurlah hingga ke sela-sela bantalan kaki mereka hingga bersih.

  1. Lakukan pedikur

Kuku anjing Anda haruslah sama rata dengan tanah ketika ia berjalan, jika kuku anjing Anda mulai berbunyi (mengetuk) setiap ia berjalan, maka sudah waktunya untuk menggunting kuku anjing Anda. Anda dapat meminta pendapat dokter hewan atau groomer untuk memilihkan alat pemotong kuku yang tepat untuk anjing Anda.