| 862 0

Tips Merawat Gigi Anjing

(Tips Paws) Tips Merawat Gigi Anjing

Gigi dan gusi anjing sangat rentan terhadap penyakit seperti pada Anda sendiri. Kesehatan gigi pada anjing merupakan hal yang sangat penting. Masalah gigi adalah kondisi kesehatan yang paling sering dialami pada semua anjing di atas usia tiga tahun. Gigi dan gusi yang bermasalah dapat menyakitkan si anjing, mengganggu metabolisme tubuh, dan dapat menyebabkan kerusakan ginjal, jantung dan organ tubuh lainnya.

Plak –ketika bakteri yang hidup pada sisa-sisa makanan di dalam mulut bersamaan dengan air liur, membuat plak mulai menumpuk. Biasanya plak akan terjadi pada bagian luar gigi terutama gigi premolar atas dan geraham.

Tartar/Kalkulus – jika plak tidak dihilangkan, maka dalam waktu tiga sampai lima hari akan mengeras dan membentuk tartar atau kalkulus. Tartar dapat menyebabkan iritasi gusi dan bau mulut.

Perawatan gigi harus dimulai sejak dini, bahkan sebelum gigi susu anak anjing copot, atau sekitar usia empat sampai enam bulan. Biasakan untuk memeriksakan kondisi gigi dan menyikatnya secara perlahan dan sistematis. Pilihlah waktu ketika anjing Anda tenang dan mulai dengan mengangkat bibir di kedua sisi mulutnya. Konsentrasikan pada bagian luar gigi di mana plak kemungkinan besar akan terjadi.

Peralatan dan bahan yang digunakan untuk menyikat gigi anjing tidak begitu rumit, cukup dengan sikat gigi khusus untuk anjing atau dapat juga menggunakan sikat gigi kecil untuk anak-anak serta pasta gigi khusus untuk anjing. Jangan menggunakan pasta gigi yang digunakan manusia, karena rasanya yang pedas dan terlalu kuat untuk anjing serta tidak semua bahan dalam pasta gigi manusia telah dijamin keamanannya untuk anjing.

Pada saat anda menyikat gigi anjing posisikan sudut bulu dari sikat gigi mencapai garis gusi serta menempatkan sikat gigi pada sudut 45 derajat terhadap gigi. Hal ini membantu agar bulu sikat dapat memijat garis gusi dan plak yang ada pada gigi dapat dibersihkan. Menyikat gigi anjing juga dapat dilakukan dengan gerakan memutar mulai dari bagian atas dan bawah pada setiap sisi gigi.

Periksalah mulut anjing Anda secara teratur untuk mengecek tanda-tanda penyakit mulut. Indikator yang paling jelas adalah munculnya bau mulut, pendarahan, dan gusi bengkak, Ketika peradangan gusi semakin parah, anjing dapat menjatuhkan makanan dari mulut mereka, dan tidak dapat makan dengan nyaman.