| 1365 0

Tips Agar Kucing Tidak Malas Minum Demi Menjaga Kesehatannya

(Tips) Tips Agar Kucing Tidak Malas Minum Demi Menjaga Kesehatannya

Kucing yang tidak minum cukup air beresiko memiliki masalah kesehatan serius karena hidrasi memainkan peran penting dalam kinerja organ-organ vital kucing agar selalu berfungsi dengan baik. Untuk menghindari hal tersebut, pemilik kucing hendaknya menyiasati supaya kucing tidak malas minum.

Jangan menunggu air habis

Kucing akan sering menghindari minum dari mangkuk air jika air sudah lama, tampak debu mengambang, terdapat sisa makanan di dalam, tepian mangkuk kotor, dan hal lain yang dianggap kucing mampu menjadi ancaman bagi kesehatannya. Rajinlah mengganti air dan mencuci mangkuk, setidaknya sehari sekali. Berilah air mineral atau yang telah dimasak, bila khawatir akan banyak air terbuang maka lakukan isi ulang pada mangkuk (refill) agar tak bersisa terlalu banyak dalam sehari dan air selalu segar.

Air mengalir lebih menarik bagi kucing

Sering melihat kucing menyukai minum dari kran kan? Karena air mengalir lebih menarik bagi kucing. Selain lebih terasa segar, juga mereka menikmati riaknya. Bila memungkinkan buatlah tempat minum yang mampu mengucurkan air seperti air mancur.

Improvisasi peletakan mangkuk air

Kucing memiliki kekhawatiran akan kesehatan, maka posisi atau letak mangkuk yang disitu-situ saja, apalagi dekat makanan atau litter box mereka akan dianggap berpotensi terkontaminasi, sehingga kucing akan menghindarinya. Kecuali dalam keadaan sangat haus dan tak punya pilihan. Cobalah ganti mangkok, atau ubah lokasi peletakan mangkuk.

Tambahkan “sumber” air

Sesuaikan dengan arena bermain kucing, bila kucing tidak dalam kandang berarti ia memiliki area yang luas untuk hilir mudik. Tambahkan mangkuk air, bisa dua atau tiga mangkuk di tempat yang berbeda. Mereka akan “mampir” untuk minum saat sedang bermain atau berjalan-jalan di rumah, apalagi bila memiliki lebih dari satu kucing.

Perhatikan jenis dan bentuk mangkuk

Kebanyakan kucing tak suka bila kumis mereka mengenai mangkuk, sehingga disarankan mangkuk cukup lebar dan tak terlampau cekung yang menyebabkan air terlalu dalam untuk dijangkau. Selain itu bahan mangkuk plastik sering tak disukai kucing karena memungkinkan bau plastik ataupun sabun memengaruhi bau air minum. Gunakan mangkuk dengan bahan keramik, kaca atau logam.

Beri makanan basah

Bila kucing masih saja malas untuk minum, berilah mereka selingan makanan basah diantara makanan kering yang biasa dikonsumsi. Setidaknya kebutuhan mereka akan air bisa terpenuhi dari kandungan air dalam makanan.