| 212 0

Sebuah Tempat Istimewa Yang Mampu Mewujudkan Impian Kucing Untuk Diadopsi

(Adopt) Sebuah Tempat Istimewa Yang Mampu Mewujudkan Impian Kucing Untuk Diadopsi

Di beberapa negara, salah satunya Jepang, sejumlah besar kucing harus menjalani euthanasia demi menjaga populasi serta mencegah kehidupan kucing menjadi lebih buruk akibat mereka tidak dapat menemukan rumah untuk bernaung. Banyak upaya dilakukan agar kucing mendapatkan kehidupan lebih baik diantaranya melalui program adopsi, juga sosialisasi pada masyarakat memiliki kepedulian dan kasih sayang untuk memelihara mereka. Seperti yang dilakukan oleh sebuah organisasi bernama unik, Neco Republic.

Tidak serupa dengan tempat penampungan kucing jalanan pada umumnya, Neco Republic adalah sebuah cafe khusus untuk kucing sekaligus rumah singgah bagi para kucing tunawisma yang masih menunggu adopsi. Siapapun diperkenankan datang ke sana untuk melakukan interaksi dengan kucing secara langsung, boleh sekedar bermain bersama para kucing atau membawa pulang satu atau beberapa ekor kucing, bila memenuhi syarat sebagai adopter yang pastinya berkomitmen untuk menyayangi peliharaan mereka selamanya.

Cafe yang terletak di Prefektur Gifu, Jepang, ini telah berdiri selama lebih dari satu tahun dan berkembang pesat berkat dukungan para penyayang kucing. Keberadaannya juga dimaksudkan untuk tidak lagi melegalkan program euthanasia terhadap kucing, serta menyelamatkan kucing-kucing jalanan guna memberi kehidupan yang lebih baik. Tak tanggung-tanggung, mereka bahkan berani membuat target di tahun 2022 tidak akan ada lagi euthanasia bagi kucing di Jepang. Artinya dalam beberapa tahun ke depan kesejahteraan kucing akan ditingkatkan, termasuk kesadaran masyarakat akan manfaat memelihara kucing.

 

Selain memberikan perlindungan bagi kucing, Neco Republic juga menjual barang-barang yang berhubungan dengan kucing. Meski tak terlalu sulit untuk mengadopsi kucing di sana, namun setiap calon adopter akan diperiksa kesiapan mereka untuk memelihara, serta harus ada penjamin yang mampu memastikan bahwa kucing terpelihara dengan baik dan tak akan pernah diterlantarkan lagi.