| 559 0

Perawatan Untuk Kucing Hamil

30438244 - small kittens resting outdoors at summer day

Masa kehamilan dan masa menyusui merupakan fase yang paling berat bagi induk kucing, sehingga dibutuhkan perawatan yang berbeda dari biasanya. Selain itu nutrisi yang tepat sangat dibutuhkan untuk keselematan si induk dan anak-anaknya kelak.

Dan perawatan untuk kucing hamil pun perlu diperhatikan sejak sebelum kehamilan. Pemberian makan pada calon induk harus optimal untuk menjaga berat dan badan yang sehat. Karena jika induk kucing tidak dalam kondisi fisik yang bagus sebelum kawin, maka si kucing akan mengalami kesulitan mengkonsumsi cukup makanan saat hamil untuk mendukung kebutuhan nutrisi si induk dan anaknya nanti.

Jika si induk kucing kurus, tambahkan makanan yang berkalori tinggi dengan memberikannya makanan yang berkualitas. Jika induk kucing pemilih makanan, kita bisa memberikannya makanan yang lezat untuk mendorong si induk agar lebih banyak makan. Jangan mengawinkan induk kucing hingga berat badannya ideal, karena sangat sulit bagi kucing untuk cukup makan agar bertambah berat badannya ketika dia sedang hamil. Makanan yang buruk dapat menyebabkan masalah pada perkembangan janin dan induk kucing. Selain itu kita juga dapat menambahkan vitamin penyubur kandungan agar proses selama perkembangbiakan bisa lebih berhasil.

Makanan Khusus

Seperti kita ketahui, nutrisi yang baik adalah salah satu kunci agar si induk kucing dan anaknya tetap sehat. Ada beberapa makanan kucing yang dibuat khusus untuk induk kucing yang sedang hamil. Makanan khusus yang terdiri dari kandungan kalori, lemak dan protein yang tinggi agar si induk tetap sehat dan dapat menghasilkan banyak susu ketika masa menyusui.

Nutrisi Saat Mengandung

Kucing hamil biasanya dapat melahirkan tiga sampai lima kucing, bahkan terkadang bisa lebih banyak. Pertumbuhan dan perkembangan semua anak kucing saat hamil didukung seluruhnya melalui nutrisi yang diberikan tubuh induk kucing.

Selera makan kucing seperti manusia, semakin meningkat ketika masa hamil sehingga bertambah berat badannya. Energi yang dibutuhkan kucing hamil juga meningkat sehingga pada masa akhir kehamilan kucing bisa memakan 25-50% makanan lebih banyak daripada porsi makan biasanya. Ini semua dibutuhkan untuk memelihara asupan kalori, protein dan nutrisi penting lainnya.

Pada masa seminggu atau dua minggu menjelang kelahiran, perut induk kucing akan semakin besar karena sang bayi juga semakin besar. Induk kucing mungkin membutuhkan lebih banyak makanan kecil sepanjang hari karena perutnya tidak cukup ruang untuk makanan dengan porsi normalnya. Oleh karena itu dibutuhkan suplemen vitamin khusus kucing sebagai penambah tenaga. Sehari atau dua hari menjelang kelahiran, induk kucing akan berhenti makan. Namun jika induk kucing berhenti makan selama beberapa hari, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter hewan kita.

Kucing hamil membutuhkan magnesium dan kalsium

Pada saat hamil, induk kucing akan mengalami stres. Magnesium gluconate dibutuhkan untuk mengurangi stres pada saat induk kucing hamil dan melahirkan. Selain itu magnesium dibutuhkan untuk menormalisasi denyut jantung dan fungsi hati dan mengharmonisasi metabolisme.

Seperti manusia, kalsium sangat dibutuhkan oleh kucing hamil, karena pada masa ini kandungan kalsium induk kucing akan berkurang secara drastis. Memberikan suplemen tambahan kalsium gluconate disarankan agar kucing tidak mengalami kekurangan kalsium.

Berikan Cukup Latihan Bergerak

Kucing hamil seharusnya terus latihan bergerak juga untuk membantu memelihara ototnya dan menjaga dari penambahan berat badan yang terlalu tinggi.