| 395 0

Merekalah Para Anjing Penyelamat Sang Pendonor Darah

Bintang kali ini adalah dua ekor anjing jenis Greyhound bernama Blaze dan Kinky. Mereka berdua adalah para pahlawan yang sudah menyelamatkan banyak anjing yang membutuhkan dengan darah mereka. Bagi Anda yang belum tahu, dunia anjing juga mengenal adanya aksi donor darah.

Greyhound sendiri adalah sebuah ras anjing yang menarik, yaitu memiliki bentuk fisik yang unik, memiliki kemampuan berlari yang sangat cepat, dan keunikan genetiknya yang memberi kemungkinan besar untuk anjing Greyhound memiliki golongan darah yang bersifat pendonor universal, yang berarti mereka dapat mendonorkan darah mereka ke setiap anjing tanpa memandang ras dan golongan darah si penerima (anjing dari jenis ras lain bisa saja memiliki golongan darah universal, tapi kemungkinannya tidak sebesar ras Greyhound).

FB_IMG_14575715024641_808x500

Blaze dan Kinky

Blaze dan Kinky sendiri adalah anjing bersaudara yang terlahir dari ibu mereka yang merupakan anjing pelari dari jenis Greyhound. Karena mereka dilahirkan tanpa identitas ayah anjing yang jelas, maka mereka tidak bisa dimasukkan sebagai calon anjing pelari.

Untungnya karena hal ini, mereka memiliki kesempatan untuk melakukan sesuatu yang jauh lebih mulia, yaitu menjadi pendonor darah. Sebagai anjing jenis Greyhound yang memiliki kondisi genetik yang unik, Blaze dan Kinky terlahir dengan karunia darah bergolongan pendonor universal dan karena hal ini, mereka telah menyelamatkan banyak nyawa anjing dengan darah mereka.

inthepool-e1457964192303

Cerita mereka bermulai ketika mereka diadopsi oleh Janet Pike pada saat berusia 7 minggu. Ketika dua anjing hebat ini berusia 2 tahun, Janet mendengar tentang adanya program pendonoran darah, di mana salah satu anjing jenis Greyhound temannya sudah menjadi pendonor aktif terlebih dahulu. Setelah mencari tahu fakta-fakta mengenai donor darah ada anjing, Janet pun memutuskan untuk memeriksakan Blaze dan Kinky untuk tahu apakah mereka berdua layak untuk menjadi pendonor darah.

donating-e1457965653913

Proses pemeriksaan donor darah anjing ini juga dilakukan secara komprehensif. Untuk menjadi seorang pendonor, seekor anjing harus memenuhi berbagai kriteria seperti memiliki perangai atau watak yang baik dan tenang, memiliki berat lebih dari 50 pon (sekitar 23 kg), berusia di antara 1 – 5 tahun, memiliki rekam medis yang baik,  dan bisa menjadi donor untuk tiga tahun. Jika kriteria-kriteria tersebut terpenuhi, maka anjing akan diperiksa darahnya. Pemeriksaan ini mencakup jenis darah, keadaan fisik, penyakit-penyakit yang dapat menular, pemeriksaan cacing pita, analisis feses dan urinalisis.

Selain keadaan fisik, keadaan mental dari anjing juga sangat penting, karena tujuan dari donor darah adalah menolong anjing-anjing yang membutuhkan, tanpa mengorbankan anjing yang menolong, baik dari sisi fisik ataupun psikis.

Blaze dan Kinky pun terbukti cocok secara fisik dan psikis sebagai pendonor, bahkan dari sisi psikis mereka dianggap luar biasa karena selalu tenang dalam proses pendonoran, dan setelah pendonoran pun selalu bersikap ceria. Sekarang memang “masa bakti” Blaze dan Kinky sudah habis karena usia mereka yang melewati batas anjuran donor, namun tidak terhitung berapa anjing yang tertolong karena jasa mereka.

Bagi Janet, ia mau menjadikan Blaze dan Kinky sebagai donor, karena ia akan merasa sangat bahagia ketika tahu bahwa ia dan anjingnya dapat menyelamatkan banyak anjing-anjing lain dan memberikan kebahagiaan ke keluarga mereka.

Tertarik untuk menjadikan anjing Anda sebagai pendonor darah, periksakan saja mereka, siapa tahu anjing Anda juga layak menjadi pendonor dan Anda dapat turut menolong dan memberikan kebahagiaan kepada anjing-anjing yang membutuhkan. Tenang, anjing Anda tidak harus dari ras Greyhound untuk menjadi seekor pendonor darah anjing, setiap darah anjing yang didonorkan akan tetap berharga dan berguna bagi anjing lain yang membutuhkan.