| 677 0

Kucing dan Manusia, Sama-sama “Senior,” Saling Menghibur

Sebuah inovasi menarik dilakukan oleh tempat penampungan kucing “The Ohio Alleycat Resource” (http://www.ohioalleycat.org). Mereka mengadakan program Pet Adoptions for Loving Seniors (PALS), yaitu sebuah program untuk mendorong masyarakat senior/lansia untuk mengadopsi kucing demi kebaikan kucing dan kebaikan mereka sendiri. Salah satu bentuk kegiatan program PALS adalah mengunjungi panti-panti jompo bersama kucing-kucing senior (di atas 7 tahun) yang ada di tempat penampungan mereka.

Hasilnya?

senior-cats-visit-nursing-home-pals-ohio-alleycat-resource-5

Ternyata, baik kucing dan orang tua sama-sama menyukai kunjungan ini. Mereka tampak akrab, di mana para kucing sering bermanja-manja membiarkan para orang tua membelai bulu-bulunya dan para orang tua pun tampak senang dengan keakraban yang ditunjukkan kucing, hal ini terlihat jelas dari rona muka mereka.

Banyak dari orang tua yang menginginkan seekor peliharaan, namun pada tidak diperbolehkan untuk memilikinya. Kesempatan untuk memuaskan keinginan mereka untuk dekat dengan hewan ini menjadi sebuah terapi yang memberikan suatu kebahagiaan tersendiri bagi para orang tua tersebut.

senior-cats-visit-nursing-home-pals-ohio-alleycat-resource-3

Kunjungan ini juga memancing para orang tua untuk lebih aktif bersosialisasi. Mereka seolah-olah terpancing untuk menceritakan pengalaman mereka bersama hewan peliharaan, yang kemudian pembicaraan atau cerita meluas ke pengalaman hidupnya. Mengenang hal-hal positif ini menambah semangat mereka untuk menjalani hari-hari tuanya.

senior-cats-visit-nursing-home-pals-ohio-alleycat-resource-6

Pemilihan kucing yang berumur senior juga bukan tanpa alasan. Sikap mereka yang semakin “mellow” cocok dengan kegiatan ini, di mana di usia mereka yang sudah tidak lagi muda, duduk atau berbaring dengan tenang, sambil dibelai dan disayangi adalah salah satu barang mewah yang sangat mereka hargai, terutama kucing-kucing yang sudah lama menghabiskan waktu di tempat penampungan, di mana mereka tidak bisa “egois” untuk mengambil setiap waktu para relawan atau petugas.

senior-cats-visit-nursing-home-pals-ohio-alleycat-resource-2

Pada akhirnya kunjungan ini menjadi suatu terapi sosial baik bagi kucing ataupun para orang tua, di mana mereka bisa memberi dan menerima kasih sayang di saat yang bersamaan lewat tindakan yang sangat sederhana, yaitu belaian dan aksi manja.